Atlet ASKI Balangan Siap Berlaga di Kejurnas

 

BANJARMASIN - Akademi Seni Beladiri Karate Indonesia (ASKI) Kalimantan Selatan, ditunjuk sebagai tuan rumah pra Kejurnas ASKI zona III Kalimantan yang digelar di Arena Bela Diri BHM Teluk Tiram Banjarmasin, Kamis (3/3/2022). Pra kejurnas khusus zona pulau Kalimantan ini diikuti 200 karateka.

H Roesli, Ketua panitia ASKI menyampaikan, dalam pra Kejurnas ini, panitia hanya mempertandingkan kategori komite dari seluruh kelas, baik dari para usia dini hingga senior putra dan putri.

Setiap kelas pada nomor timbangan masing masing akan dicari tiga perwakilan baik putra maupun putri pada kejuaraan nasional di Jakarta.

“Ini adalah pra Kejurnas yang digelar untuk mencari perwakilan dari zona tiga Kalimantan jadi ini diikuti oleh lebih dari 200 karateka di mana setiap juara 1,2 dan 3 akan menjadi wakil Kalimantan di kejuaraan nasional dan ini hanya mempertandingkan kumiter dan kata secara virtual jadi ada 6 wakil untuk kata nantinya," ucap Roesli.

Sementara, Muhammad Rifki selaku pelatih karateka Kabupaten Balangan mengungkapkan sudah persiapan anak didiknya mulai September 2021, karena sudah memprediksi bahwa nantinya pada Februari-Maret akan ada kejurnas, maka perlahan akan digenjot untuk latihan menjadi dua kali sehari baik itu pagi dan sore hari.

“Alhamdulillah untuk hari ini saya pribadi hanya menargetkan sekitar tiga atlet yang tembus ke grandfinal nanti di Jakarta dan Syukur Alhamdulillah sudah sampai hari ini ada lima atlet yang tembus ke grandfinal Jakarta," ucap Rifki.

Ia berharap itu bisa mendapat dukungan langsung dari pemerintah daerah baik dari KONI maupun Dispora dan Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan, karena berhubungan dengan dana untuk minimal lima atau enam atlet.

Akhmad Yusi, atlet yang juga turut menyampaikan bahwa pihaknya sangat siap mulai dari persiapan karena dilatih sehari dua kali dan bisa sampai tiga kali latihan juga, tentu untuk persiapan lumayan matang tetapi untuk hasil yang didapat masih kurang memuaskan di mana untuk lawan memiliki level di atas.

“Saya harus bisa mendapatkan juara Nasional minimal perunggu di Nasional dan kami berharap ada bonus yang setimpal dari semua ini," tutup Akhmad Yusi.

Untuk hasil pra kejurnas/kejurnas zona kalimantan untuk tim ASKI Balangan yaitu Akhmad Yusi mendapatkan juara 1, Nisa juara 1, Rifqi juara 2, Della juara 3 dan Rehan juara 3.[martino]