Lagi, KPH Kusan Temukan Kayu Log tak Bertuan

Lagi, KPH Kusan Temukan Kayu Log tak Bertuan

DALAM giat patroli sejak Januari hingga Maret 2022, petugas KPH Kusan menemukan kayu log tak bertuan.| foto : joni

BATULICIN - Kayu log tak bertuan masih saja didapati petugas patroli di wilayah Kecamatan Mantewe, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan. 

Setidaknya sejak Januari hingga Maret 2022 ini, petugas patroli Kantor Pengelolaan Hutan (KPH) Kusan sudah menemukan 13 potong atau 18,02 meter per kubik kayu bulat tersebut.

Kasi Perlindungan Hutan KPH Kusan Tanbu, Dawan, Senin (21/3/2022) kepada beberapa wartawan di kantornya mengungkapkan, dalam patroli rutin dari Januari sampai Maret 2022, petugas sudah menemukan kayu bulat 13 potong dengan jumlah publikasi 18, 02 meter per kubik. 

"Temuan kayu tak bertuan itu ada di daerah Mantewe, saat giat patroli rutin," tutur Dawan.

Menurutnya, kayu temuan sebelumnya sudah pernah dilelang sebanyak 177 potong dengan publikasi 5,6640, dan itu merupakan kayu olahan. Kemudian lagi kayu bulat 173 potong dengan publikasi 74,18 meter per kubik.

Dawan menjelaskan, pemenang lelang itu berdasarkan sistem online dan dimenangkan orang dari Nusa Tenggara Barat (NTB).

Untuk luas wilayah kerja KPH di Bumi Bersujud sendiri sekitar 200 ribu hektare lebih. Di Tanbu, memang ada beberapa kecamatan, tapi tidak semua kecamatan itu punya kawasan hutan.

"Artinya yang ada hutannya itu, di antaranya Kecamatan Mantewe, kemudian Kecamatan Teluk Kepayang dan Kecamatan Satui," pungkas Dawan.[joni]


Lebih baru Lebih lama