Menuju Peringatan Hari Kemerdekaan 2022, Disbudporapar Tanbu Seleksi Calon Paskibraka

Menuju Peringatan Hari Kemerdekaan 2022, Disbudporapar Tanbu Seleksi Calon Paskibraka

PERSIAPAN calon paskibraka mulai dilakukan Disbudporapar Tanbu dan mengawalinya dengan seleksi.| foto : joni

BATULICIN - Seleksi calon Paskibraka digelar Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporpar) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) di lapangan Batalyon Infanteri 623/ Bhakti Wira Utama Kompi Senapan - B di Desa Sarigadung, Kecamatan Simpang Empat.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disbudporapar Tanbu, Sukandar, Kamis (17/3/2022) mengatakan, seleksi calon Paskibraka ini dilaksanakan untuk tingkat Kabupaten Tanah Bumbu dan Provinsi Kalimantan Selatan.

Peserta seleksi, lanjut Sukandar, berasal dari seluruh SLTA sederajat di Tanbu, di mana masing-masing sekolah diminta mengirimkan masing-masing dua pasang. Namun ada beberapa sekolah yang mengirimkan 4 sampai 5 pasang.

"Target kami ada 200 siswa di kelas 10. Memang dikhususkan di kelas 10 itu agar pada saat pengibaran bendera tahun 2022 di bulan Agustus, anak-anak kita sudah naik ke kelas 2, jadi memang ada peraturan di kelas 10," paparnya.

Untuk seleksi ini dipilih dari 37 calon Paskibraka, terdiri dari 20 laki-laki, 17 perempuan. Mereka nantinya dipilih 12 peserta untuk mewakili seleksi di tingkat provinsi sekaligus nasional.

"12 pasang tadi nanti tim Provinsi yang datang ke Kabupaten untuk kembali menyeleksi yang terpilih. Akan tetapi untuk seleksi ke Provinsi tidak lagi Kesamaptaan, tapi wawasan kebangsaan for comment untuk parade dan psikotes di dalamnya itu," terangnya.

Sukandar berharap di tahun 2022 ini bisa terpilih 37 peserta dan benar-benar bisa terlaksana pengibaran bendera di tanggal 17 Agustus 2022, dengan harapan pandemi ini benar-benar melandai.

"Dari pelatih dan juri kita independen. Kemarin kita koordinasi dengan pihak Kodim dan Polres Tanah Bumbu dibantu dari Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Tanah Bumbu dan tim medis untuk menjaga kesehatan anak-anak Paskibraka ini," tutupnya.[joni]


Lebih baru Lebih lama