BPBD Tanbu Bersiap Hadapi Kemarau

BPBD Tanbu Bersiap Hadapi Kemarau

KABID Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Tanah Bumbu, Dwi Kesuma Putra.| foto : joni

BATULICIN - Bulan April 2022 ini disebutkan sudah memasuki musim kemarau. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu pun segera merilis data BMKG usai mengikuti rapat via zoom.

Rapat koordinasi melalui zoom meeting sendiri akan dilakukan BPBD Provinsi Kalimantan Selatan dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Ini dilakukan untuk mengetahui cuaca di musim kemarau sejak April 2022.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Tanah Bumbu, Dwi Kesuma Putra kepada wartawan grapena.com, Jumat (15/4/2022) mengatakan, data BMKG bisa diketahui setelah rapat bersama nanti.

"Usai rapat bersama BMKG dapat diketahui apa yang akan terjadi untuk perkiraan cuaca di musim kemarau ini. Kemudian terkait persiapan Provinsi Kalsel, dan bagaimana persiapan kabupaten saat menghadapi musim kemarau," jelasnya.

Menurutnya, Senin atau Selasa 19 April 2022 rapat tersebut digelar. Dalam rapat itu biasanya disajikan dalam bentuk data BMKG. 

"Ini puncak kemarau di bulan ini sampai bulan apa, kita bisa tahu melalui data tadi," imbuhnya.

Dwi menjelaskan, data BMKG itu juga bisa memperkirakan daerah-daerah yang bisa timbulnya titik-titik api, untuk kemudian dilakukan persiapan kewaspadaan oleh daerah yang sudah memiliki data dari BMKG tersebut.

"Jadi di bulan April 2022 ini kita sudah memasuki kemarau. Kemarin juga dari Provinsi Kalsel sudah menyurati persiapan kabupaten memasuki bulan kemarau. Untuk itu, nanti Selasa atau Rabu 2022 April usai rapat banyak informasi yang nanti disampaikan," pungkas Dwi.[joni]


Lebih baru Lebih lama