PDAM Tirta Barito Kembali Buka Pemasangan Pelanggan Baru

DIREKTUR PDAM Tirta Barito, Rona Cipta ST.| foto : tomi

BUNTOK - Pemasangan sambungan bagi pelanggan baru air ledeng, kembali dibuka Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Barito, Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah.

Direktur PDAM Tirta Barito, Rona Cipta ST saat dikonfirmasi, Kamis (21/4/2022) mengatakan, untuk pemasangan baru atau sambungan baru di tahun 2022 ini bisa menerima pelanggan sekitar 4000 sampai 5000 sambungan.

"Karena kemampuan dari Aquioon Water Treatmant Products (AWTP) di PDAM Tirta Barito sudah mampu operasional 50 liter per detik, sehingga total kapasitas Dividend Discont Models (DDM) di Buntok sekitar 135 liter per detik," terangnya.

Ia menjelaskan, pada tahun 2021 lalu memang ada pemasangan baru. Hanya saja tidak banyak. Itu karena kapasitas kemampuan AWTP tidak mampu.

"Makanya di tahun 2021 hanya mengganti dan mencabut yang mana yang tidak berhubungan lagi dengan PDAM, seperti pelanggan yang menunggak dan dicabut haknya dari PDAM," jelasnya.

Untuk di Barsel, lanjutnya, di tahun 2022 ini pihaknya sudah memasang 14 unit di Kota Buntok. Sedang untuk di kecamatan, hampir semua sudah dipasang.

Ia mengimbau masyarakat pelanggan baru agar selalu menggunakan air dengan bijak dan berhemat. Untuk waktu pembayaran, deadline setiap tanggal 20 dalam setiap bulannya.

"Kalau melewati tanggal 20 akan dikenakan denda. Untuk dendanya juga bervariasi, di unit Rp20 ribu dan di Pusat Rp25 ribu," imbuhnya.

Selain itu, PDAM Tirta Barito juga sudah membuka pembayaran melalui e-biling yang bekerjasama dengan pihak BNI, Bank Mandiri serta Kantor Pos.[tomi]