Bupati Balangan bersama TNI-Polri dan Masyarakat Gotong-Royong Bangun Ponpes Riyadhul Muhibbin

Bupati Balangan bersama TNI-Polri dan Masyarakat Gotong-Royong Bangun Ponpes Riyadhul Muhibbin

BUPATI Balangan, H Abdul Hadi bersama pimpinan Ponpes Riyadhul Muhibbin berfoto bersama di depan lokasi pembangunan asrama putri.| foto : martino

PARINGIN - Bupati Balangan, H Abdul Hadi SAg, Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin SIK, Komandan Kodim 1001 HSU/Balangan Letkol Inf Aldin Hadi bersama orang tua santri dan masyarakat bergotong royong di lingkungan Pondok Pesantren (Ponpes) Riyadhul Muhibbin, Desa Bungin, Kecamatan Paringin Selatan, Rabu (4/5/2022).

Bupati mengatakan, kegiatan gotong royong yang digelar berupa pengecoran lantai dua Ponpes Riyadhul Muhibbin untuk pembangunan asrama putri.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Balangan, H Abdul Hadi turut memberikan sumbangan berupa 500 sak semen serta 2 unit mesin molen yang didatangkan dari Dinas PUPR Balangan, sementara dari panitia pembangunan Ponpes menyediakan 2 unit mesin molen.

“Untuk air PDAM mengerahkan 1 unit mobil tangki. Sedangkan untuk pasir, koral, ember, cangkul dan yang lainnya disiapkan oleh panitia pembangunan serta dapur umum disiapkan oleh Tim Tagana Dinsos Balangan,” ucapnya.

Lebih lanjut, H Abdul Hadi yang merupakan lulusan IAIN Antasari Banjarmasin ini mengatakan, dalam Alquran kata gotong royong atau kerja sama berasal dari kata ta'awun, di mana kata dasarnya berasal dari ta'awana-yata'awanu. 

Kata ini, jelasnya, memiliki konotasi saling menolong, yang berarti kedua belah pihak secara aktif melakukan pertolongan satu sama lain. 

Karakter dasar manusia inilah yang menempatkan dirinya menjadi sebuah keniscayaan, dimana dalam mengarungi dan memenuhi kebutuhan kehidupannya di dunia Ia tidak mampu hidup sendiri. 

Dalam Alquran Surah Al-Maidah ayat 2, Allah SWT berfirman "Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebaikan dan takwa, dan jangan tolong-menolonglah dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya".

“Ayat di atas menjelaskan tentang prinsip-prinsip kerja sama atau tolong-menolong. Dengan redaksi perintahnya, Allah menyuruh kerjasama untuk kepentingan kebaikan dan ketakwaan,” paparnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, dengan adanya gotong royong bersama antara orang tua santri serta masyarakat Desa Bungin ini pada akhirnya pemerintah daerah bersama instansi lainnya ikut berperan turun ke lapangan untuk ikut bergotong royong dalam pembangunan Pondok Pesantren Riyadhul Muhibbin.

“Kegiatan ini mendapatkan berkah dan menciptakan rasa persatuan dan kesatuan, menghargai satu sama lain dan mempererat tali persaudaraan,” katanya.

Turut membantu dalam gotong royong pembangunan Ponpes Riyadhul Muhibbin anggota Satpol PP Balangan, anggota Polres Balangan serta anggota Koramil Paringin.

“Mudah-mudahan dengan gotong royong ini pembangunan Ponpes Riyadhul Muhibbin bisa cepat selesai dan yang ikut membantu mendapatkan pahala dan keberkahan dari Allah subhanahu wata'ala,” tutupnya.[martino]


Lebih baru Lebih lama