Pandemi Belum Usai, UPT Puskesmas Batumandi Tawarkan Layanan Home Care kepada Masyarakat

PETUGAS medis dari UPT Puskesmas Batumandi mendatangi langsung ke rumah warga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.| foto : martino

PARINGIN - UPT Puskesmas Batumandi melakukan terobosan terbaru di bidang kesehatan dengan membawa layanan kesehatan berkualitas kepada masyarakat dengan menghadirkan perawatan klinis langsung ke rumah.

Kepala UPT Puskesmas Batumandi, Hj Nurul Bahriah menjelaskan, layanan ini hadir untuk memberikan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Balangan secara keseluruhan selama dan pasca pandemi.

"Layanan ini akan menyediakan perawatan penderita Covid-19, perawatan pemulihan kesehatan pasca infeksi Covid-19 secara jangka panjang (long Covid), tes kesehatan terkait Covid-19, pilihan pelayanan Home Care untuk lansia, serta penanganan penyakit kronis yang kami hadirkan di beberapa kecamatan  secara bertahap," katanya.

Ia menambahkan, layanan Home Care ini  bukan hanya pada kuantitas, tetapi juga pada kualitas. Kerjasama mitra dokter dan klinik merupakan praktisi kesehatan yang berdedikasi, terdaftar, berkualifikasi dengan pengalaman praktik medis, klinis sehingga masyarakat Balangan bisa menikmati layanan Home Care ini .

"Mereka juga memiliki lisensi kompetensi yang diakui oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sehingga Anda tidak perlu khawatir bepergian ke luar rumah untuk tes kesehatan, izinkan layanan Home Care  datang ke rumah Anda," ujarnya.

Layanan  Home Care ini dapat menghadirkan rangkaian lengkap layanan kesehatan ke rumah serta perawatan kesehatan yang sarat akan sentuhan manusia hadir melalui layanan Home Care.

Program Home Care ini, jelasnya, sudah berjalan dari bulan Maret hingga April lalu dengan pasien yang sudah masuk dalam data yang diperoleh dari berbagai lintas program, salah satunya program Perkesmas. 

Menurutnya, ada sebanyak 100 pasien dari 12 desa di wilayah Puskesmas Batumandi yang masuk dalam data, semuanya sudah dikunjungi oleh tim medis.

Ia juga menyampaikan kegiatan home care untuk sementara difokuskan menyasar pada pasien lansia atau warga yang tidak mendapatkan layanan kesehatan yang disebabkan tidak bisa datang ke Puskesmas akibat mengidap penyakit kronis.

Layanan Home Care juga diperuntukan bagi pasien warga Balangan yang cacat, lumpuh, lansia atau yang sudah tidak bisa lagi menuju tempat layanan kesehatan.

"Bagi pasien yang ingin mendapatkan layanan Home Care, bisa langsung melaporkan kepada perangkat desa atau bidan setempat atau bisa juga keluarga pasien melaporkan ke puskesmas langsung, maka tim home care akan datang ke rumah pasien tanpa dipungut biaya," tuturnya.

Untuk melayani masyarakat dengan cepat, UPT Puskesmas Batumandi membentuk dua tim dokter, yakni tim dr Rezki Khairulia Desy Yanti dan tim dr Hj Adawiyah yang didukung 30 orang tenaga kesehatan dan petugas gabungan.

Sementara itu, Direktur RSUD Balangan dr Sudirman mengatakan, ada beberapa rencana layanan yang diusung oleh puskesmas dan rumah sakit antara lain telekonsultasi. 

"Layanan ini, yakni konsultasi secara jarak jauh melalui fitur video call atau chat dengan mitra praktisi medis di mana pun pengguna berada dan saya sangat mendukung penuh dengan adanya layanan home care di Kabupaten Balangan," katanya.

Terobosan program ini, lanjutnya, merupakan salah satu visi misi Bupati Balangan, H Abdul Hadi dan Wakil Bupati, H Supiani untuk memudahkan masyarakat mendapatkan layanan kesehatan.  

"Bupati dan Wabup Balangan meminta saat pandemi agar bisa meminimalkan kunjungan pasien lansia ke puskesmas yang cukup rentan terpapar Covid-19. Selain itu ia juga berharap  untuk meningkatan layanan kesehatan bagi masyarakat di Balangan," ungkapnya.[martino]