Operasi Patuh Intan 2022, Kapolres Tanbu: Tertib Berlalu Lintas Menyelamatkan Anak Bangsa

BATULICIN - Menandai dimulainya operasi patuh intan 2022, Polres Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar apel gelar pasukan di Mapolres Tanbu, Senin (13/6/2022). Apel langsung diinspekturi Kapolres Tanbu, AKBP Tri Hambodo.

Kapolres Tri dalam sambutannya mengatakan, operasi Kepolisian merupakan salah satu hal yang dinilai perlu untuk dilakukan dalam rangka menciptakan stabilitas Kamseltibcarlantas yang baik untuk mendukung iklim pertumbuhan ekonomi nasional.

Karena itu, Mabes Polri melalui surat telegram dari Kapolri memerintahkan jajaran Polda untuk melaksanakan Kepolisian Kewilayahan dangan sandi "Operasi Operasi Patuh Intan tahun 2022" dengan tema "Tertib Berlalu Lintas Menyelamatkan Anak Bangsa".

Operasi ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Polda se- Indonesia, termasuk jajaran Polres di Polda Kalimantan Selatan. Operasi ini dilangsungkan selama 14 hari, mulai 13 hingga 26 Juni 2022.

Operasi ini dilaksanakan untuk penegakan hukum berlalu lintas dengan menggunakan Electronic Traffic Law Enforcement (ERLE), serta teguran terhadap 7 prioritas pelanggaran.

Tujuh prioritas pelanggaran yang didisiplinkan itu, yakni pengemudi/pengendara kendaraan bermotor yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi/pengendara di bawah umur, dan pengendara sepeda motor berboncengan lebih dari satu orang.

Kemudian, pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm ber-SNI dan pengemudi mobil tidak menggunakan safety belt, pengendara/pengemudi kendaraan dalam pengaruh atau konsumsi alkolhol, pengendara melawan arus, serta melebihi batas kecepatan.

"Jadi cara bertindak yang dilakukan dalam Operasi Patuh Intan 2022 ini adalah dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, dan tidak diperkenankan menggunakan sarana ERLE baik statis maupun mobile, serta teguran yang dilakukan secara simpatik dan humanis dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan," pungkasnya.

Tampak hadir dalam apel gelar pasukan ini Sekretaris Daerah Tanbu, H Ambo Saka, Kepala Satpol PP dan Damkar, Anwar Salujang  serta perwakilan dari Kodim dan Dishub Tanbu.[joni]