Workshop Pengembangan Usaha Digelar untuk Tingkatkan UMKM Balangan

PARA pelaku UMKM di Balangan mengikuti workshop yang digelar Dekranasda Kabupaten Balangan.| foto : martino

PARINGIN - Dekranasda Kabupaten Balangan menggelar kegiatan workshop atau pelatihan pengembangan usaha di gedung Dekranasda Kecamatan Batumandi, Selasa (8/6/2022). Workshop ini digelar untuk meningkatkan perkembangan UMKM di Bumi Sanggam.

Ketua Dekranasda Kabupaten Balangan, Hj Sri Huriyati Hadi mengundang Deta Malih sebagai Ketua Panitia Workshop dan narasumber yang membidangi kegiatan UMKM ini. 

“Adapun misi dari kegiatan workshop tersebut merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan produk dan kerajinan UMKM Balangan,” ungkap salah seorang narasumber dan panitia pelaksana workshop, Syaiful Arif.

Syaiful mengatakan, ke depannya para pelaku UMKM akan mendapatkan pelatihan workshop, pendampingan serta bagaimana cara memasarkan hasil kerajinan dan produk UMKM Balangan.

Ia berharap pelaku UMKM mampu bersaing dan memiliki terobosan baru guna meningkatkan hasil produk dan kerajinan sehingga mampu dan siap memiliki usaha sendiri.

Dia menghendaki para pelaku UMKM dapat menggunakan Dekranasda untuk mengenalkan dan memasarkan produk bahkan kerajinan Balangan.

“Dekranasda sebagai wadah dikumpulkannya hasil-hasil produk dan kerajinan dari pelaku UMKM Balangan dan ke depannya akan diupayakan dari segi pemasarannya. Hal tersebut didukung penuh oleh Ketua Dekranasda Balangan Sri Huriyati Hadi,” sebutnya.

Selain diberikan pelatihan, para pelaku UMKM di Balangan juga diajari cara mengelola hasil usahanya, agar ke depan mereka siap baik tanpa modal atau menerima bantuan dari pihak lain.

Menurutnya, rata-rata kegiatan tersebut diikuti oleh pelaku UMKM yang sudah memiliki usaha.

Kemudian Ia berharap masyarakat Balangan khususnya para pengusaha kerajinan menggunakan Dekranasda sebagai sentral untuk pengembangan usaha di Kabupaten Balangan.

“Karena di Dekranasda ini kami menyediakan mentor baik di bidang manajerial dan pemasaran, karena pelaku UMKM sangat membutuhkan hal tersebut dalam pengembangan usahanya,” tutupnya.[martino]