Deteksi Penyakit Tidak Menular, Dinkes Kapuas Gelar Pemeriksaan Kesehatan

Deteksi Penyakit Tidak Menular, Dinkes Kapuas Gelar Pemeriksaan Kesehatan

PEMERIKSAAN kesehatan oleh Dinkes Kapuas di Makodim 1011/klk.| foto : diskominfokps

KUALA KAPUAS - Dinas Kesehatan Kapuas menggelar pemeriksaan kesehatan, deteksi faktor Penyakit Tidak Menular atau PTM, kegiatan skrining kesehatan kali ini dilaksanakan di Aula Makodim 1011/KLK, Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas, Rabu 6 Juli 2022.

Acara juga dirangkai olahraga bersama dengan peserta anggota Kodim 1011 Kapuas beserta anggota Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXXIV Koorcab Rem 102.

Kepala Dinas Kesehatan melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) dr. Ahmad Haspiani, M.Kes menyampaikan, dengan dilaksanakannya pemeriksaan kesehatan deteksi dini faktor risiko PTM ini, diharapkan masyarakat semua, khususnya keluarga besar Kodim 1011 Kapuas dapat menjadi agen perubahan dengan memberikan dukungan dan contoh kepada masyarakat, agar sadar dan rutin melakukan aktifitas fisik serta melakukan Deteksi Dini ke fasilitas kesehatan terdekat.

“Kita sekarang ini dihadapkan dengan meningkatnya angka kesakitan dan angka kematian akibat Penyakit Tidak Menular seperti penyakit hipertensi, diabetes mellitus, stroke, jantung, dan lain-lain,” kata dr Haspiani, Kamis (7/7/2022).

Peningkatan tersebut, lanjutnya, berdampak terhadap menurunnya produktviitas sumber daya manusia dan beban pembiayaan kesehatan yang harus ditanggung oleh negara dan masyarakat.

Upaya untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat PTM, perlu terus digalakkan melalui Germas atau Gerakan Masyarakat salah satunya deteksi dini sebagai upaya pencegahan dan pengendalian.

“Gerakan seteksi dini ini perlu didukung dan dilakukan bersama antar pemerintah, lintas program, organisasi profesi, organisasi masyarakat dan lintas sektor lainnya agar benar-benar bisa dirasakan dampaknya oleh masyarakat,” imbaunya.[aan/adv]
Lebih baru Lebih lama