Diguyur Hujan, Angsana Terendam Banjir

BATULICIN - Hanya beberapa jam hujan mengguyur, banjir pun terjadi di beberapa titik di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu). Satu di antaranya di wilayah bantaran sungai Nibung di jalan provinsi Km 193 Desa Karang Indah.

Luapan air di lokasi ini ketinggiannya mencapai mata kaki atau sekitar 20 sentimeter. Akibatnya, jalan beraspal di titik inipun tergenang sepanjang 250 meter.

Sementara di jalan poros Desa Karang Indah dan Desa Bunati, ketinggian airnya mencapai sekitar 50 sentimeter sepanjang 400 meter.

Kapolres Tanbu, AKBP Tri Hambodo melalui Kasi Humas AKP H I Mada Rasa kepada wartawan, Rabu (27/7/2022) mengatakan, dari hasil laporan personel Polsek Angsana di lapangan, kawasan Desa Angsana RT 03 ketinggian airnya mencapai 1 meter.

Kemudian ketinggian air juga sudah merendam sebagian Rumah Dinas Polsek Angsana yang berlokasi di samping Kecamatan Angsana.

Di jalan poros perbatasan Desa Bayansari dan Desa Banjarsari, juga sudah merendam jalan hingga tidak bisa dilewati pengendara roda dua.

"Saat ini Polsek Angsana bersama unsur Muspika Kecamatan Angsana dan perwakilan PT. BIB melaksanakan pengamanan dan menyiapkan evakuasi warga yang terdampak banjir, serta melakukan monitoring terhadap titik-titik banjir yang telah terjadi luapan air akibat cuaca hujan yang terjadi saat ini," paparnya.

Di Aula Kecamatan Angsana, RT 03 Desa Angsana hanya bisa menampung 30 orang, sedang Gedung LPTQ Kecamatan Angsana di Desa Angsana memiliki daya tampung 100 orang.

Camat Angsana, Lia Hamita saat dihubungi via telepon selulernya menyampaikan hal yang sama.

"Alhamdulillah warga sudah dievakuasi sudah aman, tidak banyak pak. Kalau yang ulun catat ini ada 32 jiwa, terdiri dari ibu-ibu dan anak-anak. Alhamdulillah pak dari PT.BIB bersama tim Polsek Angsana sudah bantu segala sesuatu evakuasi dan tim Puskesmas sudah berjaga di posko di sini," jelas Lia.

Ia juga menyebutkan jika banjir sudah mulai surut. "Ini banjir sudah mulai reda, air sudah mulai turun, nanti saya kabari lagi pak," pungkas Lia.[joni]