Dorong Wujudkan Madrasah Mandiri Berprestasi

KAKANWIL Kemenag Kalteng didampingi jajaran usai membuka Seminar Nasional Mutu Pendikan Madrasah di Kapuas.| foto : zulkifli

KUALA KAPUAS - Praktisi pendidikan pada madrasah dituntut terus meningkatkan pengetahuan tentang strategi peningkatan mutu madrasah yang unggul dan berdaya saing guna mewujudkan Madrasah Mandiri Berprestasi.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Tengah, Dr H Noor Fahmi MM usai membuka Seminar Nasional Mutu Pendidikan Madrasah di Aula Kantor Kemenag Kapuas, Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas, Selasa (5/7/2022).

"Seminar Nasional ini dalam rangka untuk memberikan wawasan pengetahuan dan pengalaman-pengalaman menarik dalam hal pengelolaan pendidikan," kata H Noor Fahmi, kepada wartawan.

Dengan kegiatan seminar itu, Ia berharap para pengelola madrasah atau praktisi pendidikan di Madrasah bisa menambah wawasan dan keterampilannya.

"Sehingga ke depan kita bisa mencapai kemandirian dan prestasinya di madrasah ini," katanya.

Kakanwil juga berpesan kepada seluruh peserta seminar agar benar-benar memanfaatkan momen tersebut sebagai ajang menggali wawasan baru.

"Peserta yang mengikuti seminar ini kami berharap  aktif dan sungguh-sungguh sehingga apa yang disampaikan nara sumber itu bisa diterima diserap dan nanti bisa diaplikasikan di tempat kerjanya masing-masing," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kapuas, H Hamidhan S.Ag MM, yang mendampingi Kakanwil menambahkan, seluruh tenaga pendidik dan kependidikan Madrasah di Kapuas turut ambil bagian dalam seminar tersebut.

"Semua peserta agar bisa mengikuti kegiatan ini dari awal sampai akhir nanti. Dan ini sangat berarti untuk kita untuk peningkatan bagaimana madrasah-madrasah kita bisa bersaing di era global ini," kata Hamidhan.

"Sudah barang tentu madrasah bisa bersaing dengan sekolah-sekolah lainnya," pungkasnya.

Kegiatan seminar tersebut digelar Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (KKMTs) Provinsi Kalteng itu mengusung tema 'Eksistensi Madrasah dalam Meningkatkan Daya Saing' (Tantangan dan Prospek Mewujudkan Madrasah Mandiri Berprestasi).

Seminar ini menghadirkan nara sumber di antaranya Prof Dr  HM Iim Wasliman, Mpd direktur sekolah pasca sarjana Uninus Bandung, Prof  Dr Ade Tuty R Rosa M, MPd Ketua Program studi S3 manajemen pendidikan Unimus Bandung dan Dr Ujang Nurjaman, M.Ag yang merupakan Wakil Direktur Sekolah Pasca sarjana Unimus Bandung.[zulkifli]