Expo Bartim 2022, Nansarunai Jaya Tampilkan Tanaman Bonsai

TAMIANG LAYANG - Partisipasi memeriahkan HUT ke-77 Republik Indonesia sekaligus Hari jadi Kabupaten Barito Timur (Bartim), pecinta tanaman hias jenis bonsai hadir meramaikan Expo Bartim 2022. 

Di momen ini, mereka memperkenalkan seni kreatif dalam membududayakan tanaman hias yang cukup banyak diminati masyarakat Indonesia.

Kehadiran perdana bagi pecinta atau petani bonsai ini tampak menjadi sorotan warga yang mengunjungi Expo Bartim 2022.

Dengan waktu cukup lama kurang lebih 12 tahun, mereka merawat dan membudidayakan tanaman hias tersebut. Pemilik juga berharap ada pecinta bonsai lain untuk bersatu membentuk komunitas pecinta bonsai.

Saat diwawancarai awak media, pemilik bonsai, Jhoni menjelaskan, perawatan dalam membudidayakan tanaman hias ini tidaklah sulit, namun proses pembentukan cukup lama dengan menyesuaikan karakter atau jenis tanaman bonsai yang nilai jualnya cukup fantastis, tergantung usia dan jenis tanaman itu sendiri.

"Kita pertama tampil di Bartim pada acara pameran Expo 2022 ini dengan menampilkan  tanaman bonsai ini yang perawatannya juga tidak terlalu sulit, dari awal menanam kurang lebih hampir 12 tahun," ucap Jhoni, Rabu (20/7/2022).

Ia berharap pecinta bonsai di Bartim bisa bergabung dan membentuk komunitas yang nantinya dapat menjadikan pecinta bonsai Bartim untuk bisa tampil membawa nama daerah pada event atau pameran tanaman hias ini di luar daerah. 

"Saya mengajak pecinta bonsai di Bartim yang memang sudah ada dan cukup banyak petani bonsai ini untuk bisa membentuk komunitas seperti di daerah lain agar bisa mengikuti event-event di luar daerah tingkat nasional, karena nilai ekonomi bonsai ini cukup tinggi," jelasnya.

Menurut Jhoni, tanaman yang nilai jualnya dari harga Rp50 ribu hingga mencapai puluhan bahkan ratusan juta ini sudah banyak dikenal dan mendunia. Ini tentunya perlu dukungan pemerintah untuk bisa memperkenalkan petani bonsai ke luar daerah pada event atau pameran tanaman hias ini.

"Kita berharap pemerintah bisa merespon positif mendukung dan memperhatikan seperti salah satu contoh yang dilakukan bapak Ariantho yang menampung dalam satu wadah dan dimulai dari sini kita pecinta bonsai agar kedepannya kita mempunyai komunitas," pungkasnya.

Jenis tanaman hias bonsai lokal dan dikombinasikan dengan tanaman luar daerah, seperti jenis bonsai Serut, Sancang, Bahung dan lainnya yang tersedia dan dipamerkan di stand Nansarunai Jaya pada Expo Bartim 2022.[yovan]