Paman Birin Minta FKPPI Kalsel Berkontribusi Positif demi Kemajuan Banua

 

BANJARMASIN – Kontribusi positif untuk membangun Kalimantan Selatan, tentu harus diberikan semua anggota masyarakat di Banua. Pun dengan putra-putri purnawirawan dan putra-putri TNI/Polri yang tergabung dalam Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI/Polri (FKPPI) Kalsel.

Hal ini kembali diingatkan Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor dalam silaturrahmi Pengurus Daerah XVI Keluarga Besar FKPPI Kalsel dengan Danrem 101/Antasari di Hotel Batung Batulis, Sabtu (23/7/2022) malam.

Selaku Ketua Pengurus Daerah Keluarga Besar FKPPI Kalsel, Sahbirin mengatakan, menjadi bagian dari organisasi keluarga besar FKPPI merupakan sebuah kebanggaan. Karena tidak semua orang bisa bergabung, dan menjadi anggota keluarga besar FKPPI.

“Organisasi ini merupakan wadah berkumpulnya, putra putri purnawirawan dan putra putri TNI/Polri,” kata gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini.

Paman Birin menuturkan, sebagai anggota harus menyadari, layaknya seperti masyarakat maupun manusia lainnya, yang juga tidak lepas dari namanya kesalahan, kekhilafan, maupun kekeliruan.

“Untuk itu, kami terus mengharapkan bimbingan, arahan, dari para senior kami, dari para pendahulu kami, juga bimbingan dan arahan dari pembina kami, yaitu Danrem 101/Antasari,” tuturnya.

Di momen ini, Paman Birin juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Komandan Korem 101/Antasari selaku Pembina, yaitu Brigjen TNI Rudi Puruwito SE yang berkenan bersilaturrahmi bersama Keluarga Besar FKPPI Kalsel.

“Semoga dengan adanya silaturrahmi ini, kita dapat memperkuat jalinan silaturrahmi, dapat memperkuat sinergitas, kolaborasi, dan juga kerja sama, untuk kebaikan dan kemajuan organisasi, keluarga besar FKPPI Kalimantan Selatan,” katanya.

Paman Birin juga berharap organisasi ini dapat menjadi wadah yang nyaman, bagi para putra putri purnawirawan dan putra putri TNI/Polri, untuk mengembangkan diri. Serta bisa menjadi mitra pemerintah, dan dapat berkontribusi nyata, dalam pelaksanaan pembangunan daerah.

“Turut serta dalam peningkatan sumber daya manusia, membina dan membangun kehidupan yang aman, damai, dan sejahtera. Sehingga akan terwujud Kalsel maju, yaitu Kalimantan Selatan Makmur Sejahtera dan Berkelanjutan, sebagai gerbang Ibukota Negara (IKN),” ungkapnya.

Sementara itu, Danrem 101/Antasari, Brigjen TNI Rudi Puruwito, mengatakan, FKPPI merupakan salah satu bagian dari keluarga besar TNI/Polri yang tidak bisa dipisahkan dan memiliki keutuhan dan kekuatan yang besar karena kemajemukan dan dinamika keanggotaannya, dimana keanggotaan FKPPI terdiri dari latar belakang suku, agama, adat istiadat bahkan perbedaan pandangan politik.

“Untuk itu, organisasi sebagai alat pemersatu dan alat untuk mencapai suatu tujuan bersama tentunya membutuhkan kesiapan dan kebersamaan dalam menjalankan tugasnya agar dapat mengabdi bagi kepentingan bersama sebagai pewaris nilai-nilai kejuangan dari orangtua kita,” katanya.

Ia menuturkan, sebagai anggota FKPPI sejatinya telah mengalir darah pejuang ksatria serta berlindung ideologi pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

“Warisan ini seyogyanya harus dipelihara dan dilestarikan demi terwujudnya eksistensi FKPPI dalam menghadapai tantangan globalisasi di semua aspek kehidupan,” ucapnya.

Selaku pembina, menurutnya FKPPI Kalsel telah menunjukkan dharma baktinya dengan turut serta dalam kegiatan-kegiatan sosial seperti membantu penanganan bencana seperti banjir, karhutla dan Covid-19 serta membantu menjaga stabilitas kamtibmas yang aman dan kondusif.

“Saya berharap FKPPI untuk selalu tunduk dan menaati semua peraturan yang berlaku, turut serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta membantu kemajuan dan pembangunan bangsa khususnya di Kalimantan Selatan,” pungkasnya.[adv]