Mahasiswa Papua Ikut Ramaikan Festival Masiwah Pare Gumboh

MAHASISWA Papua ikut meramaikan acara syukuran panen yang digelar masyarakat adat Dayak Deah pada Festival Mesiwah Pare Gumboh dengan menampilkan tarian dari Papua.| foto : martino

PARINGIN - Mesiwah Pare Gumboh merupakan sebuah acara adat Dayak Deah di Kabupaten Balangan yang mana ini juga merupakan Wisata Budaya di Bumi Sanggam.

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Papua (IMAPA) Kalimantan Selatan mengunjungi sejumlah objek wisata di Kabupaten Balangan.

Kedatangan mahasiswa dari wilayah Indonesia Timur ini bertepatan dengan dilaksanakannya syukuran bersama atas hasil panen warga yang dikemas dalam Festival Mesiwah Pare Gumboh, masyarakat adat Dayak Deah, Desa Liyu, Kecamatan Halong, 22 hingga 24 Juli 2022.

Mahasiswa Papua yang tergabung dalam IMAPA Kalsel bahkan turut serta memeriahkan acara Mesiwah Pare Gumboh yang digelar masyarakat adat Dayak Deah dengan menampilkan tarian dari Papua di panggung pentas.

Ketua IMAPA Kalimantan Selatan, Naila Mikhael Wenda mengaku sangat terkesan bisa bertemu secara langsung dengan masyarakat adat Dayak.

"Saya sangat bangga dan bersyukur. Kami sangat disambut di Balangan,  bahkan kami bisa menjumpai masyarakat adat Dayak secara langsung. Sebelumnya kami hanya sebatas mengenal nama suku Dayak, sebagai salah satu suku di Pulau Kalimantan. Namun kali ini kami bisa bertemu langsung dan berinteraksi dengan suku Dayak," ujarnya, Sabtu (23/7/2022).

Bupati Balangan, H Abdul Hadi mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa Papua dan tamu lainnya yang telah mengunjungi Kabupaten Balangan.

"Kehadiran para mahasiswa Papua ini sebagai bukti bahwa kearifan lokal mampu menjadi daya tarik untuk wisatawan. Semoga kegiatan semacam ini bisa terus ditingkatkan agar kelak mampu menarik perhatian wisatawan lokal bahkan mancanegara," pungkasnya.[martino]