Pemkab Kapuas Gelar Simulasi Pilkades Serentak 2022

SOSIALISASI dan simulasi Pilkades di Kecamatan Kapuas Timur.| foto : diskominfo

KUALA KAPUAS - Jelang Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Pemkab Kapuas melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat telah menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara.

"Kemarin kita melaksanakan sosialisasi dan simulasi Pemilihan Kepala Desa Serentak tahun pada Rabu 13 Juli 2022 bertempat di halaman Kantor Kecamatan Kapuas Timur," kata Kepala DPMD Kapuas, Yanmarto, Senin (18/7/2022).

Lanjutnya, dalam kegiatan itu turut dihadiri Camat Kapuas Timur H Sarifudin bersama unsur Muspika Kecamatan serta dihadiri peserta, terdiri dari Panitia Pemilihan Kepala Desa se-Kecamatan Kapuas Timur.

Ia mengungkapkan, sejauh ini tahapan jadwal Pilkades berjalan aman dan lancar.

“Kita berharap kedepannya, tugas ini bisa kita tuntaskan tahapan-tahapan selanjutnya seperti yang akan datang adalah masa kampanye. Ingin saya tegaskan kepada kita sekalian bahwa kampanye ada dua jenis, sejak calon Kepala Desa ditetapkan sebagai calon itu boleh melakukan kampanye yang bersifat tertutup yang dilakukan secara dialogis,” lontarnya.

Ia menjelaskan mengenai kampanye tertutup, kampanye tertutup atau terbatas yang dilakukan dengan menemui satu atau dua orang (bertatap muka), kemudian tidak menggunakan fasilitas umum, tidak difasilitasi oleh panitia serta tidak mengundang orang banyak.

“Yang kedua adalah kampanye terbuka atau yang terjadwal dilaksanakan selama tiga hari, sifat kampanye terbuka ini seperti mengundang orang banyak, menggunakan fasilitas umum dan difasilitasi oleh panitia, contohnya jadwal kampanye disusun oleh panitia, semua calon harus mempunyai visi dan misi untuk program Desanya,” jelasnya.

Yanmarto berharap Pilkades yang dilaksanakan serentak di Kabupaten Kapuas ini dapat berjalan dengan baik dan lancar serta terpilihnya Kepala Desa yang bertanggungjawab, mempunyai visi dan misi yang dapat membangun dan mensejahterakan rakyatnya.

Adapun untuk Pilkades serentak nantinya akan dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2022 untuk 155 Desa yang ada di Kabupaten Kapuas dan untuk jadwal kampanye Calon Kepala Desa secara terbuka dilaksanakan pada 20 Juli 2022. [aan/adv]