Wabup Nafiah Sambut Delegasi KKN Kebangsaan ke X di Kapuas

PENYAMBUTAN peserta KKN Kebangsaan X di Kabupaten Kapuas.| foto : diskominfokps

KUALA KAPUAS - Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor menyambut kedatangan rombongan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan ke X dan KKN bersama Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri (BKS-PTN) Wilayah Barat Tahun 2022, Rabu (20/7/2022).

Penyambutan peserta KKN Kebangsaan delegasi dari 73 PTN dari berbagai wilayah di Indonesia itu berlangsung  di Gedung Olah Raga (GOR) Panunjung Tarung Kuala Kapuas.

Wakil Bupati Kapuas, HM Nafiah Ibnor mengatakan, Pemkab Kapuas menyambut baik terlaksananya KKN Kebangsaan di Kabupaten Kapuas.

"Diharapkan kegiatan ini akan mampu memberikan dampak positif percepatan pembangunan khususnya di Kabupaten Kapuas," kata Nafiah.

Lanjutnya, dampak pelaksanaan KKN Kebangsaan agar mampu memberi kontribusi positif bagi pembangunan di Kalimantan Tengah. 

"Saya menghimbau kepada mahasiswa mahasiswi yang turun kelapangan nanti bisa berbagi disiplin ilmu juga harus melihat desa-desa unggulan terutama di daerah Food Estate, tentunya di situ ada kekuatan ekonomi dengan potensi pertanian dan sektor peternakan yang dapat memberikan motivasi bagi masyarakat setempat,” papar Nafiah.

Atas nama pemerintah daerah, Wabup sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Rektor UPR beserta seluruh civitas akademika yang telah mempercayakan Kabupaten Kapuas sebagai lokasi KKN Kebangsaan tahun 2022.

“Saya juga berpesan kepada peserta KKN Kebangsaan, tanamkanlah rasa kekeluargaan dan saling hormat menghormati sesama umat beragama hingga terciptanya suasana harmonis bagi kita semua,” pesanya.

Hadir dalam acara itu Rektor Universitas Palangka Raya (UPR), Dr Andrie Elia, seluruh civitas akademika perguruan tinggi negeri dan swasta peserta KKN Kebangsaan tersebut.

Kegiatan juga dihadiri Forkopimda Kapuas, sejumlah kepala perangkat saerah lingkup Pemerintah Kabupaten Kapuas dan Kepala Kementerian Agama Kapuas, H Hamidhan
serta 12 camat wilayah pasang surut beserta lurah/kepala desa.

Rektor UPR, Dr Andrie Elia menyampaikan, mahasiswa-mahsiswi  yang akan melaksanakan KKN Kebangsaan telah mempersiapkan diri dan diberikan materi pendalaman tentang profil wilayah Kabupaten Kapuas.

“KKN Kebangsaan ini adalah menjabarkan amanah pendiri bangsa kita, sebagai penggagas nilai-nilai kebangsaan, dimana nantinya para mahasiswa ini akan menjadi pemimpin masa depan, oleh karena itu mahasiswa melaksanakan KKN Kebangsaan ini ingin belajar kepada masyarakat kapuas,” katanya.[aan/adv]