Bergerak dengan Helikopter, Paman Birin: Hutan Kita Adalah Paru-paru Dunia

BANJARBARU – Satu unit helikopter jenis Bell 206L didatangkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ke Kalimantan Selatan. Ini dimaksudkan untuk memperkuat Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla) Kalsel.

Usai serah terima di Lanud Syamsuddin Noor yang dilakukan Kasubbdit Pemulihan Sarana BNPB, Selasa (9/8/2022), Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, R Suria Fadliansyah mengatakan, helikopter ini akan dioptimalkan untuk patroli Karhutla.

“Dengan ada heli ini membuat gerak Satgas semakin cepat dan efektif dalam menanggulangi karhutla," jelasnya.

Ia mengungkapkan, sesuai arahan, Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor menginginkan kecepatan dalam menanggulangi Karhutla.

“Peliharalah hutan di Kalsel dari kebakaran. Sungguh hutan kita adalah paru-paru dunia. Membiarkan hutan kita terbakar, sama saja artinya kita membiarkan kerusakan lingkungan,” tuturnya menirukan pesan gubernur yang akrab disapa Paman Birin tersebut.

Keberadaan pasukan Satgas ini merupakan bentuk keseriusan, kesungguhan, sekaligus kesiapan Pemprov Kalsel untuk bergerak cepat dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan di Banua.

Helikopter ini akan terus bertugas berada di Kalsel hingga status siaga darurat bencana Karhutla berakhir pada tahun 2022 ini.[adv]