Desa Mandiri, Wujud dari Mimpi sang Bupati Tanbu

Desa Mandiri, Wujud dari Mimpi sang Bupati Tanbu

KEPALA Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tanah Bumbu, Samsir.| foto : istimewa 

BANJARMASIN - Predikat sebagai kabupaten dengan Kinerja Terbaik Peningkatan Status Desa diraih Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu). Kabupaten berjuluk Bumi Bersujud dinilai sukses meningkatkan status desa menjadi Desa Mandiri.

Piagam penghargaan atas prestasi tersebut diberikan langsung Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor kepada Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar, tepat di momen puncak peringatan Hari Jadi ke-72 Provinsi Kalimantan Selatan yang dipusatkan di halaman eks Gubernuran Banjarmasin, Senin (15/8/2022).

Menurut Bupati Zairullah, untuk memajukan desa setidaknya desa harus mandiri. Karena apabila desa mandiri tentu akan mempengaruhi pengembangan ekonomi desa.

"Salah satu syarat untuk menjadikan desa mandiri ada beberapa aspek yang harus dipenuhi, seperti indeks ketahanan pangan, ekonomi, sosial, lingkungan, kepesertaan BPJS, Posyandu dan dan sarana jalan," jelasnya.

Di Tanbu sendiri kini terdapat 144 desa dan 22 desa persiapan. Untuk desa tertinggal di tahun 2022 ini hanya ada 3 desa. Kemudian desa berkembang tahun 2022 sebanyak 59 desa. 

Untuk desa maju di tahun 2022 tercatat sebanyak 59 desa, sedangkan Desa Mandiri di tahun 2022 ada sebanyak 23 desa. Jumlah ini diklaim sebagai yang tertinggi di Kalimantan Selatan. 

Sementara itu, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tanbu, Samsir membenarkan Kabupaten Tanah Bumbu tertinggi dan terbaik dalam peningkatan status desa menjadi desa mandiri.

"Hal ini tidak terlepas dari kerjasama semua pihak dalam meningkatkan desa menjadi mandiri, perlu sinergitas semua SKPD, terbaik dalam membangun desa," terangnya.

Untuk kategori peningkatan perubahan status desa menjadi Desa Mandiri, prestasi Tanbu disusul Kabupaten Tabalong, dan Kabupaten Barito Kuala.[joni]

Lebih baru Lebih lama