Disaksikan Deputi Perpusnas, Bupati Zairullah Kukuhkan Bunda Literasi Tanbu

Disaksikan Deputi Perpusnas, Bupati Zairullah Kukuhkan Bunda Literasi Tanbu

BATULICIN – Tepat di momen peresmian Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Bunda Literasi Tanbu Hj Wahyu Windarti resmi dikukuhkan Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar, Kamis (4/8/2022).

Pengukuhan Bunda Literasi Tanbu periode 2021-2025 ini disaksikan langsung Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas RI, Deni Kurniadi, dan Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpusnas RI, Adin Bondan.

Bupati Zairullah berharap keberadaan Bunda Literasi dapat menjadi role model atau teladan, dan dapat menginspirasi dalam membangun sumber daya masyarakat Bumi Bersujud yang berkualitas, produktif, dan berakhlak mulia.

Sementara itu, Deputi Deni Kurniadi mengatakan, literasi merupakan sebuah kemampuan dan kualitas atau kemampuan untuk melek aksara yang di dalamnya termasuk pada kemampuan individu untuk membaca, menulis, serta bisa menyaring segala informasi yang beredar apakah hoaks atau fakta.

Literasi merupakan istilah umum mengacu pada kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, dan berhitung, dan dapat menjadi pemecahan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan di dalam kehidupan masyarakat, sehingga literasi tidak bisa lepas dari kemampuan dalam berbahasa.

Diharapkan gerakan literasi secara esensial dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan literasi memberikan pilihan terhadap informasi yang dibutuhkan masyarakat. Dengan membaca akan memahami dan mengaplikasikan didalam kehidupan sehari-hari.

“Gerakan literasi ini bukan hanya milik pemerintah, tapi juga milik semua stakeholder dan seluruh masyarakat,” pungkasnya.[joni]


Lebih baru Lebih lama