Dua Kearifan Lokal Meriahkan Hari Kemerdekaan di Desa Pematang Ulin

Dua Kearifan Lokal Meriahkan Hari Kemerdekaan di Desa Pematang Ulin

BATULICIN - Dua jaranan atau pertunjukan tradisional, yakni tarian dolalak dan kuda lumping menjadi hiburan tersendiri bagi warga Desa Pematang Ulin yang tengah memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022.

Untuk ketertiban pertunjukan yang dilangsungkan di lapangan bola Desa Pematang Ulin, pagar pembatas berbahan bambu disiapkan panitia, Minggu (21/8/2022).

Kepala Desa Pematang Ulin, Winarno mengatakan, untuk memperingati kemerdekaan RI pihaknya menggelar pertunjukan lokal, sebagai aplikasi melestarikan kearifan lokal.

"Jaranan atau pun pertunjukan kuda lumping Manggiyo Wijoyo Putro dan dolalak Putri ini ada di Desa Pematang Ulin," tuturnya.

Winarno mengatakan, kegiatan dua jaranan ini tak lain untuk menghibur warga, dan sebagai acara yang terakhir. Sebelumnya, tepat pada tanggal 17 Agustus 2022, pihak desa mengadakan kegiatan jalan sehat serta senam sehat.

"Saya berharap kepada warga desa pematang ulin, sebagai pemerintahan desa, tentu bisa mempertahankan jaran kuda lumping Manggiyo Wijoyo Putro di desa ini. Ini supaya nanti bisa menghibur masyarakat yang ingin menggelar acara, apapun dengan mengundang jaran kuda lumping di Desa Pematang Ulin," tutupnya.[joni]


Lebih baru Lebih lama