Edukasi Soal Pangan Sehat, Dinkes Kapuas Bentuk Kader Keamanan Pangan

FOTO bersama jajaran Dinkes Kapuas disela pelaksanaan Bimtek Kader Keamanan Pangan.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) membentuk Kader Keamanan Pangan pada rangkaian kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kader Keamanan pangan.

Bimtek ini digelar selama 4 hari, mulai 8 sampai 11 Agustus 2022 di Aula Hotel Almadani Jalan Patih Rumbih Kuala Kapuas.

"Untuk memaksimalkan peran masyarakat dalam keamanan pangan, dipandang perlu membentuk kader keamanan pangan dan terlebih dahulu  kader diberikan bimbingan teknis," kata Plt Kepala Dinkes Kapuas, dr Tonun Irawaty Panjaitan MM.

Kader keamanan pangan tersebut nantinya bertugas memberikan bimbingan dan pemahaman kepada masyarakat atau komunitas di desanya masing-masing mengenai keamanan pangan.

Dengan sosialisasi dan edukasi tentang pangan aman dan sehat diharapkan akan berdampak terhadap penurunan stunting.

"Harapan kami kader ini setelah dibekali pengetahuan nantinya dapat turut ambil bagian dalam upaya menurunkan kasus stunting di wilayah masing-masing," kata Tonun Irawati.

Ditambahkan Yeristiruyeti SKM MM selaku penyelenggara kegiatan Bimtek, kader tersebut masing-masing 6 orang untuk setiap desa/kelurahan dari 10 desa/kelurahan khusus lokasi stunting yang tersebar di beberapa wilayah kecamatan.

"Bimtek bagi kader keamanan pangan diikuti total 60 peserta. Kegiatan diselenggaran selama 4 hari, dibagi 2 angkatan," kata Yeristiruyeti.

Kemudian, setelah mengikuti kegiatan Bimtek, kader-kader Keamanan Pangan ini diharapkan nantinya dapat memberikan edukasi kaitannya dengan keamanan makanan, sehingga lingkungannya memiliki pengetahuan dan kesadaran dalam menyediakan dan mengkonsumsi makanan yang aman dan sehat.[aan/adv]