Suguhan Senja Nan Indah dari Bukit Balawan

PEMANDANGAN sunset dari Puncak Bukit Balawan salah satu objek wisata Bumi Sanggam.| foto : martino

PARINGIN - Satu lagi objek wisata nan indah di Bumi Sanggam yang bertajuk ketinggian, berlokasi di Desa Kapul Kecamatan Halong Kabupaten Balangan.

Bukit Balawan itulah namanya, Mungkin masih terdengar asing di kalangan umum akan tetapi sudah lumayan terkenal di dunia pendakian khususnya Kabupaten Balangan.

Objek Wisata ini di resmikan pada tahun 2020 lebih tepatnya 3 tahun silam dan di buka untuk umum.

Sekilas nama dari bukit ini hampir mirip dengan Bukit Balawanai yang ada di Desa Karya dan Desa Puyun Kecamatan Halong, Walau dari segi nama mirip namun dari segi trek pendakian sangatlah berbeda. Bukit Balawan yang memiliki ketinggian sekitar 300 (MDPL) terbilang mempunyai trek yang curam dan di dominasi oleh bebatuan yang bisa di bilang trek ekstrim, Sedangkan berbeda dari Bukit Balawanai yang memiliki trek yang cukup santai serta di dominasi oleh tanah dengan kisaran ketinggian 284 MDPL.

Ketika mendaki Bukit Balawan kalian bukan hanya mendapatkan pemandangan nan indah tapi juga akan di suguhi sebuah goa yang memiliki sebutan Goa Berangin.

Untuk Bukit Balawan sendiri memiliki vegetasi tertutup yang mana puncak bukit di tumbuhi oleh pepohonan yang tidak terlalu besar yang bisa di gunakan sebagai media untuk menggantung Hammock atau ayunan.

Serta di puncak bukit juga di sediakan tempat duduk yang terbuat dari potongan batang pohon yang di jadikan sebagai tempat duduk santai sembari melihat dan menyaksikan terbenamnya sang Surya di ufuk barat yang cantik di hiasi campuran warna jingga, ungu dan hitam.

Untuk estimasi waktu tempuh perjalanan dari Ibu Kota Kabupaten Balangan yaitu Paringin menuju Desa Kapul Kecamatan Halong, Berjarak sekitar 25 km dengan waktu tempuh ± 1.5 jam.

Kondisi jalan dari pusat Kabupaten Balangan menuju Desa Kapul berupa jalan aspal selebar ± 3 m yang dapat dilalui kendaraan roda 4. Kondisi jalan baik, namun terdapat kerusakan di beberapa titik lokasi.

Kemudian setalah sampai di Desa Kapul berlanjut menuju kaki Bukit Balawan dengan menggunakan roda dua melewati jalur berupa jalan tanah dan perkebunan karet, Setelah sampai dan memulai pendakian, waktu tempuh ± 1 jam hingga sampai puncak.

Di Bukit Balawan ini juga menyipan keanekaragaman flora endemik berupa Anggrek Tanah yang tergolong anggrek yang langka.

Jadi bagi kalian yang memiliki hobi mendaki, Objek Wisata Bukit Balawan bisa jadi salah satu pilihan untuk di kunjungi.[martino]