Jembatan Paringin Kembali Ditutup Sementara

PROSES perbaikan sementara untuk Jembatan Paringin.| foto : martino

PARINGIN - Jembatan Paringin yang merupakan akses penghubung antara Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) dan Kabupaten Tabalong, kembali ditutup.

Hal tersebut lantaran adanya perbaikan sementara dari beberapa pekerja yang melakukan pengelasan pembuatan rangka besi untuk melapisi lantai jembatan Paringin yang kembali ambruk pada Selasa (30/8/2022).

Salah satu anggota Dishub Kabupaten Balangan yadi menerangkan, pengerjaan lantai jembatan Paringin telah dimulai dari tadi malam, mengingat Jembatan Paringin merupakan akses penting bagi lintas Kabupaten bahkan Provinsi.

"Begitu lantai jembatan Paringin kembali ambruk dan tidak bisa dilewati, pihak terkait langsung bergerak melakukan perbaikan sejak tadi malam, yaitu sekitar jam 10-an," ujarnya.

Perbaikan lapisan lantai jembatan yang telah rusak dilakukan dengan cara membuat rangka struktur besi yang dilas, nanti kembali ditutup diatasnya dengan lempengan besi plat yang tebal.

Rusaknya Jembatan Paringin diperparah oleh truk-truk besar yang selama ini melintas hingga lantai yang dulunya retak dan diberi tambahan plat Besi jembatan yang dipasang beberapa waktu lalu mengalami penurunan dari posisi awalnya karena tidak kuat menahan berat beban.

Sampai saat ini belum ada informasi untuk memastikan waktu berapa lama Jembatan Paringin ini akan ditutup. Menurut rencana, ada Rapat Koordinasi dari Balai jalan bersama Pemkab Balangan terkait pengalihan arus.[martino]