Teken Prasasti, Bupati Zairullah: Dapatkan Ilmu dengan Membaca

BATULICIN - Gedung fasilitas layanan perpustakaan umum daerah yang berlokasi di pusat perkantoran Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), resmi beroperasi.

Ini ditandai dengan diresmikannya perpustakaan ini oleh Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas, Deni Kurniadi, Kamis (4/8/2022) di Batulicin.

Bersamaan momen ini, juga dilakukan penandatanganan prasasti.

Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar mengatakan, peresmian gedung fasilitas layanan perpustakaan umum daerah ini erat kaitannya dengan ilmu pengetahuan.

"Siapa yang ingin sukses di dunia dan di akhirat, hendaklah dengan ilmu. Untuk mendapatkan ilmu, yaitu dengan membaca," tuturnya.

Saat ini, lanjutnya, Pemkab Tanbu berupaya agar membaca menjadi kebiasaan masyarakat Tanbu. Bahkan para pejabat pemerintah, wajib memiliki dan membaca buku.

Berdasarkan data Dinas Perpustakaan daerah, pemimjam buku terbanyak dari kalangan pejabat.

Zairullah juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Perpusnas RI yang sudah membangunkan gedung perpustakaan umum daerah yang sangat megah di Tanbu.

Ia mengajak kepada seluruh Perpustakaan di Banua untuk menjadikan perpustakaan sebagai salah satu unggulan dan andalan untuk membangun daerah.

Sementara itu, Kepala Perpusnas RI  melalui Deputi Deni Kurniadi mengatakan, perpustakaan sebagai epicentrum ilmu pengetahuan tentu memiliki peran yang sangat penting bagi kemajuan masyarakat.

"Seiring berkembangnya masyarakat, kebutuhan perpustakaan tidak sekedar tempat untuk membaca tetapi juga perpustakaan harus meningkatkan perannya sebagai agen perubahan bertransformasi dalam meningkatkan pelayanan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang berbasis inklusi sosial," paparnya.

Peresmian gedung fasilitas layanan perpustakaan umum daerah ini juga dirangkai dengan pengukuhan Bunda Literasi Tanbu, Hj Wahyu Windarti Zairullah.[joni]