Tim Posko Karhutla Aktif Lakukan Patroli dan Sosialisasi ke Masyarakat

Tim Posko Karhutla Aktif Lakukan Patroli dan Sosialisasi ke Masyarakat

TNI-POLRI, KPH Balangan, Satpol PP, RAPI, Orari, Dinas Pertanian (DKP3), BPBD Balangan dan TRC BPBD Balangan aktif melaksanakan patroli dan sosialisasi ke masyarakat.| foto : istimewa

PARINGIN - Kejadian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Balangan hingga saat ini masih aman dan terkendali. 

Hal ini tak terlepas dari peran dan kegiatan tim gabungan di posko karhutla, yang hampir setiap hari mengunjungi masyarakat guna memberikan informasi tentang karhutla. 

Adapun tim gabungan yang ada di posko karhutla adalah TNI-Polri, KPH Balangan, Satpol PP, RAPI, Orari, Dinas Pertanian (DKP3), BPBD Balangan dan TRC BPBD Balangan. 

Kepala Pelaksana BPBD Balangan, H Rahmi, Kamis (18/8/2022) mengatakan, ada empat kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh tim gabungan di posko Karhutla ke masyarakat. 

Yang pertama melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait dampak dan bahaya bencana kabut asap akibat Karhutla. 

"Yang kedua patroli terpadu pada daerah yang rawan terjadi Karhutla, ketiga melakukan groundcheck jika terdeteksi titik api atau hotspot," ujarnya. 

Kemudian tim gabungan juga aktif melakukan pemadaman dan pendataan jika terjadi Karhutla. 

"Alhamdulillah untuk kejadian karhutla hingga saat ini masih aman dan terkendali, intinya kami melalui tim gabungan diposko karhutla selalu aktif memantau, tak hanya itu juga aktif ke masyarakat menyampaikan bahaya Karhutla, semoga tahun ini karhutla aman," harapnya.[martino]
Lebih baru Lebih lama