DLH Tanbu Lakukan Aksi Bersih-bersih Masjid Agung Nurussalam

DLH Tanbu Lakukan Aksi Bersih-bersih Masjid Agung Nurussalam

BATULICIN - Aksi bersih-bersih di Masjid Agung Nurussalam menandai World Cleanup Day 2022 di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan, Senin (19/9/2022).

Hari Bersih-Bersih Sedunia 2022 yang dikomandoi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tanbu ini dibuka langsung Sekda Tanbu, H Ambo Sakka.

Aksi ini turut diikuti siswa-siswi SMPN 2 Gunung Tinggi, anggota dari organisasi pemuda dan petugas kebersihan dari DLH Tanbu.

Dalam sambutannya Sekda Ambo menyampaikan apresiasinya kepada DLH beserta seluruh peserta yang mengikuti kegiatan aksi bersih bersih dalam rangka memperingati World Cleanup Day 2022 ini.

“Ini merupakan kegiatan yang luar biasa, di mana kita melaksanakan kegiatan bersih-bersih di wilayah Masjid Agung Nurussalam, Kelurahan Gunung Tinggi,” katanya.

Menurutnya, tujuan kegiatan ini untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan, di mana sampah merupakan tanggung jawab bersama.

Sementara itu, Sekretaris Dinas DLH Tanbu, Halidi mengatakan, peringatan World Cleanup Day 2022 dilakukan serentak oleh 190 negara. Indonesia sendiri akan memecahkan rekor dalam kegiatan ini, yakni sebanyak 13 juta orang melaksanakan aksi bersih-bersih ini.

Ia menambahkan, World Cleanup Day baru diperkenalkan di Indonesia sejak 2014 lalu, di mana sebelumnya kegiatan ini diinisiasi oleh Negara Istonia yang peduli terhadap lingkungan pada tahun 2008.

Untuk relawan di Indonesia sendiri saat ini sudah berjumlah 22.000 orang, serta sampah yang sudah dikumpulkan sebanyak 4.000 ton lebih. 

Untuk di Tanbu sendiri, lanjutnya, baru tahun ini dilaksanakan kegiatan World Cleanup Day. Ini sebagai tindak lanjut surat dari Kementerian LHK RI, Provinsi serta dari pemerintah daerah sendiri.

"Kita berharap kegiatan ini akan terus berjalan baik untuk di lingkungan kantor SKPD, RTH, tempat wisata dan komplek perumahan di wilayah Tanah Bumbu senantiasa bersih,” harapnya.

Di momen ini, DLH memberikan doorprize kepada pelajar yang mengikuti kegiatan World Cleanup Day 2022.[joni]


Lebih baru Lebih lama