Hujan Deras, Beberapa Wilayah di Tanbu Diterjang Banjir

BATULICIN - Dua hari terakhir, hujan deras mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan. Alhasil, banjir pun tak bisa terhindarkan di beberapa titik terendah.

Satu di antaranya di Kecamatan Sungai Loban, di mana curah hujan tinggi di wilayah ini menyebabkan meluapnya air sungai hingga merendam rumah warga.

Seperti dilaporkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanbu, pada Sabtu 23 September 2022 hingga pukul 04.00 Wita, wilayah yang terendam itu ada di RT 01 Desa Damar Indah dengan ketinggian air ± 1 meter dari perumahan warga. Kondisi serupa juga terjadi di Desa Sari Mulya.

“Ada 33 rumah warga yang terendam, dengan jumlah korban yang terdampak di Desa Damar Indah sebanyak 33 kepala keluarga atau 109 Jiwa dan di Desa Sari Mulya sebanyak 9 kepala keluarga atau 36 jiwa,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Tanbu, Sulhadi.

Selain itu, genangan air juga sempat menyebabkan terganggunya arus transportasi yang melintas di Jalan Provinsi karena terjadi perlambatan arus lintas. Namun saat ini sudah bisa dilalui dengan lancar.

Pihak kecamatan dan unsur desa juga terus melakukan pemantauan kepada warganya yang terdampak banjir. Setidaknya ada sebagian warga yang mengungsi ke rumah keluarga masing-masing.

Sulhadi mengatakan, di Desa Damar Indah juga telah didirikan posko banjir dan mendirikan dapur umum dari swadaya Desa.

BPBD bersama TNI, Polri, Kecamatan dan Desa terus melakukan pemantauan dan verifikasi data serta kordinasi dengan perangkat terkait lainnya.

BPBD juga turut menyalurkan bantuan sembako untuk dapur umum yang didirikan, serta menyiapkan perahu karet untuk mengantisipasi apabila ada warga yang perlu di evakuasi.[joni]