Kunjungi Tanbu, Tim Kemenaker Survei Lahan BLK

BATULICIN - Identifikasi lahan pembangunan Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) Balai Latihan Kerja (BLK) dilakukan Tim Survei Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kamis (22/9/2022).

“Sebanyak empat titik lokasi yang disurvei oleh Tim Kemenaker terkait pembangunan UPTP BLK di Tanbu,” ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Tanbu, H Avian Noor.

Empat lokasi tersebut berada di kawasan pengembangan ekonomi terpadu (Kapet) Batulicin di Desa Sarigadung, Kecamatan Simpang Empat.

Dari empat lokasi yang disurvei, akan ditentukan satu lokasi untuk pembangunan BLK itu. Sedangkan dari Pemkab Tanbu menyiapkan langkah selanjutnya seperti proses hibah lahan.

“Terkait lahan yang diperlukan untuk pembangunan UPTP BLK setidaknya dibutuhkan lahan minimal 5 sampai 10 hektare,” jelasnya.

Diharapkan pembangunan UPTP BLK Tanbu ini segera terbangun di tahun 2023, sehingga keberadaan BLK sebagai wadah peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) mampu mendorong percepatan pengurangan angka pengangguran, pengentasan kemiskinan, dan peningkatan ekonomi kerakyatan, sebagaimana yang menjadi visi misi Bupati dan Wakil Bupati Tanbu.

Survei lapangan Tim Kemenaker ini turut didampingi Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, H Ansyari Firdaus, Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Riduan, dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait.[joni]