MTQN Tanbu Resmi Dibuka, Ini Harapan Bupati Zairullah

BATULICIN – Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) Ke-18 tingkat Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) resmi dibuka. Ini ditandai dengan opening ceremony yang dipusatkan di Lapangan Kantor Kecamatan Angsana, Jumat (2/9/2022).

Panggung berkonsep Masjid Nabawi Madinah Saudi Arabia tampak megah hingga membuat tamu undangan dan masyarakat kagum dengan pelaksanaan MTQN ini.

Defile kafilah peserta lomba mewarnai momen pembukaan. Tarian kolosal bercerita tentang pemuda-pemudi Angsana yang relegius, taat beribadah, dan berbahagia makin meramaikan MTQN.

Pembukaan turut diawali pembacaan ayat suci Alquran yang dikumandangkan H Darwin Hasibuan, Qori Internasional juara MTQ di India, Malaysia, dan Iran.

Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar mengatakan, pelaksanaan MTQ bagi Tanbu bukanlah momentum yang sifatnya rutinitas semata, tetapi di dalamnya mengandung makna yang dahsyat.

Ini, lanjutnya, seiring dengan visi dan misi menjadikan Tanah Bumbu menuju Serambi Madinah, karena saat ini Madinah adalah kota teraman di dunia dan pertumbuhan ekonomi yang sangat luar biasa, di mana orang miskinnya dan pengangguran sedikit.

“Ketika orang sholat toko tidak dikunci dan tidak terjadi apa-apa, mudah-mudahan suatu hari nanti Tanah Bumbu bisa seperti itu,” harapnya.

Bupati juga menyampaikan rasa bangganya menyaksikan prosesi pembukaan MTQ dimulai dari defile kafilah dari berbagai kecamatan yang sangat meriah.

Apalagi melihat generasi-generasi muda yang ikut penuh dengan semangat, karena generasi muda inilah yang nantinya menjadi penerus pembangunan tanah bumbu kedepannya.

Bupati juga mengatakan, saat ini bersama dengan tokoh agama dan masyarakat, Tanah Bumbu berkomitmen mengembangkan rumah tahfidz di seluruh desa, kemudian memakmurkan satu mesjid satu desa yang pelaksanaannya terus berlangsung di seluruh wilayah di Tanah Bumbu.

Program memakmurkan satu masjid satu desa ini, sambung pengasuh Istana Anak Yatim Kalsel ini, bertujuan untuk mendidik anak-anak menjadi sosok yang religius, cinta masjid, berakhlak, dan cerdas yang nantinya akan meneruskan pembangunan di Tanah Bumbu.

“Kita ingin masjid buka setiap harinya, lantunan zikir dan sholawat, serta kegiatan keagamaan bergema diseluruh penjuru Tanah Bumbu,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia MTQN ke-18, Liana Hamita mengatakan, digelarnya MTQN Tahun 2022 di Kecamatan Angsana bertujuan untuk menumbuhkan potensi minat dan bakat generasi muda agar senantiasa membumikan Alquran sehingga menghasilkan insan qur’ani yang unggul, cerdas, dan agamis.

Ia menambahkan, kegiatan yang digelar mulai 2 hingga 8 September ini mengusung tema baca Alquran, hayati, dan amalkan kandungannya untuk akselerasi pembangunan Bumi Bersujud mewujudkan Tanah Bumbu menjadi Serambi Madinah.

Cabang lomba sebanyak 28 cabang serta festival rebbana, dengan jumlah total peserta sebanyak 626 orang dari 12 Kecamatan se-Tanbu.

Pembukaan ditandai dengan penekanan sirena oleh Bupati Zairullah, didampingi Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Tanbu, H Ambo Sakka, dan Kepala Kemenag Tanbu HM Rudi Hilmi, serta dilanjutkan dengan penyerahan piala bergilir MTQ oleh Bupati kepada Ketua Panitia MTQN ke-18 ini.[joni]