Ribuan Goweser Ramaikan Harjad Kalsel di Kiram Park


MARTAPURA – Tak kurang 2.500 peserta gowes bersama komunitas sepeda Wong Edan Kuwi Bebas (WEKB) dilepas Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor dari titik start di Kiram Park, Alam Roh 20, Minggu (4/9/2022) pagi.

Gowes ini digelar untuk memeriahkan Hari Jadi ke-72 Provinsi Kalimantan Selatan, serta Hari Olahraga Nasional Haornas) ke-39.

Menurut Gubernur Sahbirin, selain dapat mempererat jalinan silaturrahmi goweser, event ini dilaksanakan untuk dapat terus menjaga semangat hidup sehat, dengan senantiasa rutin berolahraga.

Paman Birin bersyukur kondisi pandemi saat ini sudah mulai terkendali, sehingga dapat berkumpul bersama dan dapat melaksanakan berbagai kegiatan, tanpa harus menjaga jarak antara satu dengan yang lainnya.

Ia menambahkan, dari pandemi Covid-19 ini banyak belajar akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, yang berdampak terhadap imunitas tubuh.

“Dengan rutin berolahraga ringan seperti bersepeda ini, sangat baik dan bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh kita, kita melawan Covid-19 dengan berolahraga,” tutur Paman Birin.

Paman Birin mengatakan, selain ajang olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh, kegiatan ini juga sekaligus sebagai ajang promosi pariwisata.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Selatan, Hermansyah menyebut jika gowes ini dikuti sebanyak 2.500 peserta dari Kalimantan Selatan dan Tengah.

“Alhamdulillah kegiatan ini luar biasa, diikuti kurang lebih 2.500 goweser baik Kalsel maupun Kalteng,” katanya.

Disampaikannya, Dispora Kalsel akan terus mendukung olahraga bersepeda untuk membudayakan hidup sehat. 

“Kegiatan bersepeda akan terus didukung Pemprov Kalsel,” imbuhnya.

Gowes ini sendiri menapaki rute sekitar 14 kilometer yang fun dan 19 kilometer untuk ekstrem di kawasan Kiram Park.[adv]