Peduli Kemanusiaan, Operasi Bibir Sumbing Gratis Digelar di Buntok

BUNTOK - Smile Train Indonesia bersama Yayasan Anugerah Sentosa Surabaya, Pengurus Wilayah Ikatan Wartawan Online Indonesia (IWO) Kalimantan Tengah, HIPMI Kalteng dan Ciliandy Anky Abadi (CAA) Grup, melaksanakan bakti sosial operasi bibir sumbing dan langit-langit di RSUD Jaraga Sasameh Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Sabtu (24/9/2022).

Sekretaris PW IWO Kalteng, Endra Setiawan mengatakan, kegiatan ini merupakan baksos kedua setelah sebelumnya pada 2018 kegiatan serupa pernah dilaksanakan. Ia berterima kasih kepada segenap pihak yang telah membantu hingga terlaksananya kegiatan baksos tersebut.

"Operasi bibir sumbing dan langit-langit disertai dengan operasi bedah plastik memerlukan biaya yang cukup besar, sehingga banyak orang tua yang tidak mampu mengoperasi adik-adik kita yang menderita bibir sumbing dan langit-langit," kata Endra.

Pekerja Sosial Smile Train Indonesia untuk Wilayah Kalteng, Chris Philip Alessandro mengatakan, kegiatan untuk kedua kali ini pihaknya bekerjasama dengan IWO Kalteng. Operasi gratis yang pertama digelar pada 2018 lalu di tempat yang sama.

Pasien yang menjalani operasi umumnya berasal dari sejumlah wilayah di Kalimantan Tengah. Beberapa bahkan ada dari provinsi tetangga yang letaknya dekat secara geografis dengan Kota Buntok.

Chris mengatakan, dengan penambahan 12 ini, maka jumlah penderita bibir sumbing di Kalteng yang telah dioperasi menjadi 520.

"Waiting list masih ada sekitar 30 penderita lagi. Kenapa waiting list, karena ada pertimbangan medis seperti berat badan yang belum sesuai syarat untuk dioperasi," kata Chris.

Ketua DPRD Barito Selatan, HM Farid Yusran menyambut baik kegiatan ini. Ia mengatakan, hal ini tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat.

"Semoga ke depan ada kegiatan-kegiatan serupa dan pasti akan kita dukung karena ini untuk rakyat kita," ujar Farid.

Senior Manager Corporate Affair CAA Group Regional Kalteng, Raden Agus Hiramawan mengatakan, pasca pandemi, ini yang pertama pihaknya berkolaborasi dengan sejumlah pihak untuk melaksanakan kegiatan sosial.

"Baksos operasi bibir sumbing serta langit-langit secara gratis kepada masyarakat Kalteng, terkhususnya Barsel dan sekitarnya," ucap Raden di sela mengunjungi pasien operasi.

Kegiatan baksos CAA sempat terhenti selama dua tahun akibat terjadi pandemi Covid-19. Ia bersyukur, kali ini bisa kembali diadakan dan mendapat dukungan banyak pihak.

Diungkapkannya, dalam baksos kali ini diikuti belasan penderita dari wilayah Kalteng dan provinsi tetangga.[tomi]