Prihatin! Gedung Budaya Balangan bak Tak Terawat

KONDISI gedung budaya dari pantauan awak media.| foto : martino

PARINGIN - Gedung Budaya merupakan sebuah tempat yang diperuntukkan untuk kegiatan kesenian dan lain-lain, dan Bumi Sanggam merupakan salah satu kabupaten yang memiliki gedung budaya.

Gedung tersebut terletak di Jalan Lingkar Gunung Pandau Garuda Maharam atau lebih tepatnya berseberangan dengan hutan kota Kabupaten Balangan.

Gedung budaya yang seharusnya dipergunakan sebagaimana mestinya, Namun hal tersebut tidak demikian untuk Gedung Budaya di Kabupaten Balangan.

Bangunan yang diresmikan pada tahun 2020 silam, hanya sesekali digunakan untuk event-event dan event terakhir yang dilaksanakan adalah Pemilihan Nanang Galuh Kabupaten Balangan 2021 pada bulan Oktober.

Dari pantauan awak media pada Selasa (6/9/2022), terlihat bangunan Gedung Budaya sudah tak terawat dan banyak fasilitas yang rusak seperti beberapa pintu yang di buka paksa, pagar yang di rusak, tandon air yang bocor, kabel-kabel listrik yang sudah terlepas dari tempatnya dan kerusakan lainya.

Selain kerusakan beberapa fasilitas, kebersihan gedung budaya pun juga terbilang tak terurus banyak sampah bertebaran di dalam gedung tersebut.

Yang lebih nahasnya berdasarkan informasi yang di dapat dari masyarakat, gedung tersebut sering dijadikan tempat berkumpul anak-anak muda khususnya laki-laki dan perempuan terlebih lagi sampai ditemui botol-botol minuman keras di lokasi sekitar gedung budaya.

Dari penuturan salah seorang pekerja jalan yang berkegiatan disekitar gedung, waktu yang sering ditemui muda mudi berkumpul adalah pada hari Sabtu dan Minggu sore pukul 17.00 Wita sampai dini hari.

Saat dikonfirmasi, Suprapto selaku Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Balangan membenarkan bahwa dari pantauan pihaknya di lapangan gedung budaya memang kurang terawat dan ada beberapa kerusakan dibeberapa fasilitas.

"Benar ketika kami melakukan pemantauan ke gedung, banyak sampah berserakan dan ditumbuhi tanaman liar," jelasnya.

Kemudian ditambahkannya, bahwa pihaknya menugaskan empat orang tenaga honorer di antaranya dua tenaga kebersihan dan dua tenaga keamanan (penjaga malam).

"Kita menugaskan tenaga kebersihan dua orang dan dua penjaga malam di lokasi gedung budaya," pungkasnya.

Suprapto kembali menambahkan untuk menindaklanjuti laporan bahwa gedung budaya dalam kondisi tak terawat, pihaknya akan memberikan teguran terhadap tenaga keamanan dan kebersihan yang bertugas disana agar menjalankan tugas sebagaimana mestinya.

"Kita akan melakukan teguran terhadap pegawai kita yang bertanggung jawab di sana," tutupnya. [martino]