Buka Peluang Kerja, Disnakertrans Tanbu Gelar Job Fair

BATULICIN – Job Fair digelar Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Tanah Bumbu (Tanbu) di halaman Kantor Bupati di Gunung Tinggi, Batulicin, mulai 10 hingga 12 Oktober 2022.

Pameran bursa kerja ini dibuka secara resmi Sekretaris Daerah Kabupaten Tanbu, Ambo Sakka, Senin (10/10/2022).

Kepala Disnakertrans Tanbu, Avian Noor melalui Kabid Tenaga Kerja, Yamani mengatakan, pameran bursa kerja ini melibatkan sebanyak 19 perusahaan yang ada di Tanah Bumbu, dan menyediakan 197 lowongan kerja di berbagai bidang.

“Tujuan kegiatan Job Fair ini untuk mempermudah para pencari kerja dalam mencari lowongan pekerjaan yang dibuka oleh perusahaan,” terang Yamani.

Menurutnya, untuk mempermudah para pencari kerja mendapatkan Kartu AK 1 atau Kartu Tanda Pencari Kerja, Disnakertrans menyediakan stand pembuatan Kartu AK 1 di lokasi pameran.

Sementara itu, Sekda Ambo mengapresiasi positif Job Fair 2022, di mana event ini bisa menjadi penghubung pihak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dengan para pencari kerja. 

"Dengan harapan melalui pameran bursa kerja ini mampu menekan angka pengangguran di Bumi Bersujud," imbuhnya.

Ia menambahkan, angka pengangguran di Tanbu masih tinggi, sementara kebutuhan tenaga kerja sangat tinggi. Seharusnya ada korelasi yang signifikan antara pencari kerja dengan kebutuhan tenaga kerja.  Kalau itu terjadi, maka angka pengangguran bisa ditekan.

Pemkab Tanbu, lanjutnya, akan melakukan koordinasi dengan pihak perusahaan terkait adanya Perda yang mengatur tentang pemberdayaan tenaga kerja lokal atau tenaga kerja yang berdomisili di Tanbu untuk diutamakan dalam mendapatkan pekerjaan.

Guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Tanbu, Pemkab Tanbu melalui Balai Latihan Kerja (BLK) mengadakan pelatihan berdasarkan kebutuhan perusahaan.

Pelatihan ini diberikan kepada mereka yang sudah menyelesaikan pendidikan, sehingga siap untuk masuk ke dunia kerja.[joni]