TMMD ke-115 Kodim 1001 di Desa Matang Hanau Resmi Dibuka

APEL pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).| foto : istimewa

PARINGIN - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 tahun 2022 Kodim 1001/HSU-Balangan, di Desa Matang Hanau, Kecamatan Lampihong secara resmi dibuka oleh Bupati Balangan, H Abdul Hadi, di halaman Kantor Bupati Balangan, Selasa (11/10/2022).

TMMD ke-115 Kodim 1001/HSU-Balangan ini akan dilaksanakan selama 30 hari, dari tanggal 11 Oktober hingga 9 November 2022 dengan melibatkan sebanyak 110 orang personel gabungan dari TNI/Polri dengan menyasar kegiatan fisik dan kegiatan non fisik.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada jajaran Kodim 1001/HSU-Balangan yang telah kerja sama dengan pemerintah daerah dalam rangka membangun desa menata kota,” kata Bupati Balangan, H Abdul Hadi.

Ia mengatakan, tahun ini TMMD berada di Desa Matang Hanau dan tahun depan insyaallah juga dengan minta bantuan ke Kodim 1001/HSU-Balangan untuk membuka sumber daya alam bidang pariwisata Batarius tahap 2 dengan kegiatan karya bhakti.  

“Mudah-mudahan tahun depan karya bhaktinya ada, TMMD-nya juga ada,” ungkapnya.

Ia juga mengaku untuk mendukung penuh kegiatan TMMD ke-115 ini, Pemkab Balangan akan melibatkan para SKPD teknis yang terkait dengan apa yang dilakukan di lapangan. 

“Misalnya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, kemudian ada gerakan-gerakan dari Dinas Kesehatan atau dari Kependudukan maupun dari Dinas Sosial nantinya,” ujarnya.

Bupati berharap dengan adanya kegiatan TMMD ini memberikan dampak positif terhadap masyarakat di Kabupaten Balangan.

Sementara itu, Dandim 1001/HSU-Balangan, Letkol Inf Dhuwi Hendradjaja pada kesempatannya menyampaikan, untuk teknis di lapangan yang telah disiapkan serta direncanakan dan sudah dimulai dari pra TMMD secara fisik.

“Tadi sudah saya laporkan ke pa Bupati peningkatan jalan 35 sentimeter penebalan ada yang 1,3 kilometer, lebar 4 meter. Kemudian ada sasaran fisik tambahannya berupa rehab mesjid dan balai pertemuan desa yang kita laksanakan selama kurang lebih 30 hari operasional,” jelas Dandim.

Ia melanjutkan, untuk kegiatan non fisik juga terdapat 16 bidang yang dilaksanakan, di antaranya penyuluhan-penyuluhan wawasan kebangsaan bela negara. 

Kemudian juga ada keluarga berencana, penyuluhan tentang stunting, serta kegiatan lainnya yang digelar dalam rangka TMMD ke-115 Kodim 1001/HSU-Balangan.[martino]