TMMD ke-115 Resmi Dibuka Kodim 1001/HSU-Balangan

KEGIATAN donor darah dalam rangka pembukaan TMMD.| foto : istimewa

PARINGIN - Bakti sosial donor darah, pelayanan KB, dan pembagian sembako secara gratis kepada masyarakat digelar Kodim 1001/HSU-Balangan dalam rangka sasaran kegiatan non fisik TMMD ke-115, di Kabupaten Balangan.

Dandim 1001/HSU-Balangan, Letkol Inf Dhuwi Hendradjaja mengatakan, ada berbagai kegiatan non fisik dalam kegiatan TMMD ini.

“Ada 16 bidang yang kita laksanakan diantaranya penyuluhan-penyuluhan wawasan kebangsaan bela negara, kemudian juga ada keluarga berencana, penyuluhan tentang stunting, tentang kependudukan dan tidak lupa juga kita akan melaksanakan sosialisasi untuk rekrutmen TNI maupun Polri di desa-desa supaya harapannya generasi muda ke depan banyak yang bergabung kepada kita,” jelasnya.

Sementara pada kegiatan TMMD ke-115, sasaran fisiknya adalah berupa peningkatan jalan yang terdapat di Trans Lajar – Matang Hanau, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan.

“Secara fisik adalah peningkatan jalan 35 sentimeter, penebalan ada yang 1,3 dan lebar 4 meter. Kemudian ada sasaran fisik tambahannya berupa rehab mesjid dan balai pertemuan desa,” sebutnya.

Dandim menambahkan, lokasi Desa Matang Hanau dipilih setelah pertimbangan dan survei yang dilakukan, karena Matang Hanau ini termasuk klasifikasi desa tertinggal yang dulunya terdapat ratusan kepala keluarga, setelah daerahnya mungkin kurang tersentuh ada beberapa yang keluar eksodus (pulang balik).

Ia berharap dengan perbaikan jalan ini mereka kembali lagi ke desa dan membangun desanya lagi.

“Yang jelas, peningkatan jalan ini akan memudahkan perekonomian khususnya dalam distribusi pertumbuhan yang ada di daerah Matang Hanau,” tutupnya.[martino]