Puluhan Generasi Ansor Tanbu Ikuti Diklat Terpadu Dasar

BATULICIN - Tak kurang 60 peserta mengikuti Diklat Terpadu Dasar (DTD) Angkatan I yang digelar Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor, di Desa Pematang Ulin, Kecamatan Karang Bintang, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan.

Diklat ini dilaksanakan selama 3 hari, mulai 7 hingga 9 Oktober 2022. Tampak beberapa tokoh masyarakat Desa Pematang serta perwakilan Dinas Kesbangpol Tanbu dan pihak terkait hadir dalam kegiatan ini.

Ketua PAC GP Ansor Karang Bintang, Yudha AK mengungkapkan, banyak materi keorganisasian NU, Ansor maupun Banser diberikan dalam Diklat Terpadu Dasar ini.

"Saya berharap Ansor dan Banser bisa berkembang di wilayah Kecamatan Karang Bintang, sehingga ukhuwah Islamnya akan terjalin, sehingga dakwah Islam akan terjaga," jelasnya.

Sementara itu, Ketua GP Ansor Tanbu, Mustolih dalam sambutannya mengatakan, peserta yang mengikuti Diklat ini akan belajar bersama, berdiskusi membicarakan sejarah kebangsaan dan lain-lainnya.

Mustolih menjelaskan, dijadwalkan Sabtu ini peserta lebih banyak berada di lapangan bersama dengan Polsek maupun Koramil di Karang Bintang.

"Diklat ini adalah pendidikan dasar, yang mana nantinya banyak hal yang kita bicarakan. Nanti setelah resmi menjadi anggota Ansor kita harus rutin sebulan sekali menghidupkan kegiatan rutin," bebernya.

Diklat dasar ini disebutkan sebagai langkah awal untuk meniti karir di organisasi. Diklat dasar juga akan dilaksanakan di wilayah Kecamatan Angsana.[joni]