Sempat Kekurangan, Setiap Desa di Balangan Kini Miliki Tenaga PPL

KEPALA Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan, Ir Tuhalus.| foto : istimewa


PARINGIN - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan akhirnya mampu memenuhi kebutuhan tenaga Petugas Penyuluh Pertanian (PPL).

Jika dulu Balangan mengalami kekurangan tenaga PPL yang hanya berjumlah 69 orang, kini jumlahnya meningkat menjadi 157 orang. Bahkan dengan jumlah tersebut, di setiap desa di Kabupaten Balangan terdapat satu orang tenaga PPL yang bertugas.

"PPL akan menggali semua potensi yang ada di sana, baik menggali permasalahan data, kebutuhan, keluhan dan memberikan penjelasan dan pembinaan baik itu budidaya dan penanganan penyakit," jelas Kepala DKP3 Kabupaten Balangan, Ir Tuhalus di Paringin, Senin (31/10/2022).

Dia menegaskan, PPL harus menguasai semua bidang baik pertanian, perikanan peternakan dan kalau pun tidak menguasai, maka diserahkan ke tenaga ahli pada Balai Penyuluh Pertanian (BPP).

"Setiap BPP ada tenaga ahlinya seperti tenaga ahli untuk peternakan dan perikanan, para sarjana kita libatkan di sana," tuturnya.

Ir Tuhalus menyampaikan peran PPL ini sangat berarti dalam membantu dan menggali informasi terkait keluhan serta kebutuhan masyarakat khususnya para petani.[martino]