Tausiyah Subuh di Banjarmasin, Ustadz Keturunan Tionghoa Ini Ternyata Wagub Kalbar


BANJARMASIN - Ada yang spesial pada tausiyah subuh di Masjid Al-Ummah Banjarmasin, Rabu (13/10/2022). Ustadz yang mengisi tausiyah ternyata bukan orang sembarangan. Ia adalah Ustadz H. Ria Norsan yang juga menjabat sebagai Wakil Gubernur Kalimantan Barat.

Hal ini diketahui melalui live streaming yang ditayangkan kanal youtube Alummah TV yang dikelola oleh remaja masjid Al-Ummah Banjarmasin.

Dalam ceramahnya, Ustadz Ria Norsan mengajak para jamaah akan pentingnya memakmurkan masjid.

“Jangan kita membuat masjid seperti keranda orang mati, tidak ada yang mau masuk,” ujarnya.

“Masjid mesti dikemas sedemikian nyaman dan representatif, terutama untuk anak-anak, karena mereka lah para penerus akan menjadi penjaga aqidah dan ahli dakwah melanjutkan perjuangan kita,” lanjutnya.

Ia menjelaskan, upaya memakmurkan masjid dapat dikerjakan melalui berbagai bentuk, baik melalui pemikiran, tenaga, terlebih harta. Untuk itu ia mengajak masyarakat agar jangan ragu dan menunda untuk bersedekah ke masjid.

“Yang kita miliki hari ini, uang yang ada di dompet kita, belum tentu milik kita. Tetapi yang kita sedekahkan di jalan Allah itulah harta kita sebenarnya, yang Insya Allah akan menolong kita nanti saat kita dihisab oleh Allah SWT,” terangnya.

Menutup tausiyahnya, Ustadz Ria Norsan mengaku senang meilihat warga Banjarmasin, khususnya jamaah Masjid Al-Ummah yag begitu antusias dalam memakmurkan masjid. Hal ini terlihat dari ramainya shlat berjamaah di waktu subuh.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Masjid (DMI) Kalimantan Barat ini merupakan keturunan Tionghoa dari ibunya, sedangkan ayahnya adalah seorang anggota TNI-AD keturunan Melayu.

Ustadz Ria Norsan pernah menjabat sebagai Bupati Mempawah dua periode dan saat ini aktif sebagai Wakil Gubernur Kalimantan Barat.[]