Wabup Kapuas Minta Sinergi Semua Pihak Dalam Penanganan Stunting

WAKIL Bupati Kapuas, HM Nafiah Ibnor saat membuka diskusi panel audit Kasus Stunting di Aula Kantor Disdagperinkop Kapuas.| foto : diskominfokps

KUALA KAPUAS - Wakil Bupati Kapuas, Drs HM Nafiah Ibnor mengatakan, penanganan gizi buruk dan kekerdilan, gagal tumbuh pada anak atau stunting  membutuhkan sinergi dan kerjasama banyak pihak.

"Audit kasus stunting masih perlu ditingkatkan lagi sinergitas antara pihak terkait dalam menganalisa, menentukan faktor penyebab dan untuk selanjutnya menentukan dari audit kasus stunting terpilih," kata Nafiah, saat menyampaikan sambutan dalam acara Diskusi Panel Audit Kasus Stunting dan Manajemen di Aula Disdagperinkop, Selasa (25/10/2022).

Lebih lanjut Ia  menyampaikan bahwa Tim Percepatan Penurunan Stunting bertugas untuk melakukan koordinasi, sinergi dan evaluasi secara efektif, kovergen dan terintegrasi dengan melibatkan lintas sektor.

"Audit kasus stunting di Kabupaten Kapuas perlu dituntaskan tahapan-tahapannya di semester 1 dan 2, sesuai arahan, agar memberikan hasil yang optimal dalam pencegahan kasus stunting," ujarnya.

Wabup dalam sambutannya menjelaskan bahwa tujuan dari audit kasus stunting yakni untuk mencari penyebab terjadinya kasus stunting sebagai upaya pencegahan terjadinya kasus serupa. 

Adapun upaya percepatan penurunan Stunting yakni dengan terbentuknya Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Kapuas, Kecamatan dan Desa/Kelurahan, pembentukan tim audit kasus stunting, verifikasi data keluarga berisiko stunting, pembentukan tim pendamping keluarga, orientasi tim pendamping keluarga.

Kegiatan itu dihadiri Koordinator Advokasi Penggerak dan Informasi Perwakilan BKKBN Provinsi Kalteng, Dison, S.H, Satgas Stunting Provinsi Kalteng Program Manajer Bidang Data, Yulia A. Siram, SP., M. S, 

Juga BKKBN Kabupaten Kapuas, Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Forkopimda Kapuas, para Camat, Kepala OPD yang Tergabung Dalam Stuktur TPPS Kabupaten Kapuas, dan Tim Teknis serta Tim Pakar Audit Kasus Stunting.

Pada kegiatan tersebut, turut menjadi narasumber Plt Kepala DP3AP2KB Kabupaten Kapuas dr Tri Setya Utami, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas dr Tonun Irawati dan Camat Bataguh Syuryadin SH.[aan/adv]