Baksos PKH di Tanbu Resmi Ditutup, PKM Terima Sertifikat Graduasi

Baksos PKH di Tanbu Resmi Ditutup, PKM Terima Sertifikat Graduasi

BATULICIN - Dihadiri langsung Ketua TP PKK Tanah Bumbu (Tanbu), Hj Wahyu Windarti, bakti sosial pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) se-Kalimantan Selatan resmi ditutup di aula Kecamatan Kusan Hulu, Minggu (20/11/2022).

Di momen ini diserahkan sertifikat graduasi kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang sudah berhasil mandiri. 

Juga dilakukan pemberian bantuan paket anak berprestasi, pemberian bantuan makanan tambahan kepada keluarga berisiko stunting serta pemberian cinderamata kepada seluruh perwakilan pendamping PKH dari 13 kabupaten/kota.

PKH sendiri merupakan program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin dan rentan yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DT-KS) oleh pemerintah Republik Indonesia.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup KPM melalui akses layanan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial, mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan keluarga miskin dan rentan, menciptakan perubahan perilaku dan kemandirian keluarga penerima manfaat dalam mengakses layanan kesehatan dan pendidikan serta kesejahteraan sosial. Kemudian mengurangi kemiskinan dan kesenjangan dan mengenalkan manfaat produk dan jasa keuangan formal kepada KPM.

Dalam bakti sosial SDM PKH se-Kalsel yang merupakan kegiatan rutin setiap tahun itu, para pendamping PKH ikut memperindah dan membersihkan makam ulama yang ada di Desa Pacakan Kecamatan Kusan Hulu.

Sebelumnya saat pembukaan bakti sosial SDM PKH se-Kalsel telah diserahkan kendaraan operasional dan pemberian bantuan sosial secara simbolis oleh Bupati Tanah Bumbu, di antaranya 25 unit sepeda motor pendamping PKH, 1 unit mobil operasional untuk Dinas Sosial.

Kemudian Bansos Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-RTLH) sebanyak 132 rumah, Bansos Kebutuhan Hidup Sehari-hari bagi 37 KPM, Bansos Usaha Ekonomi Produktif bagi 59 KPM, serta bansos bagi supir taksi dan tukang ojek sebanyak 114 orang.

Penutupan acara ini juga dihadiri Kepala Dinas Sosial Tanbu, Basuni, Camat Kusan Hulu, Herlambang bersama unsur Muspika serta para kepala desa.[joni]


Lebih baru Lebih lama