Tangani Stunting, Kampung Keluarga Berkualitas Dicanangkan di Tanbu

BATULICIN – Kampung Keluarga Berkualitas dicanangkan Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Tanah Bumbu (Tanbu) di Desa Pandansari Kecamatan Karang Bintang, Senin (21/11/2022).

Pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas tahun 2022 yang dihadiri Kepala BKKBN Kalimantan Selatan, Ramlan, Sekda Tanbu, Ambo Sakka serta Ketua TP PKK Tanbu, Hj Wahyu Windarti ini, juga bertepatan dengan peringatan ke-38 Hari Jadi Desa Pandansari.

Dalam sambutanya, Ramlan mengatakan, pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas ini merupakan salah satu program pemerintah pusat yang dilaksanakan di seluruh provinsi, kabupaten kota se-Indonesia.

“Pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas merupakan pengganti dari program terdahulu, yakni Kampung Keluarga Berencana,” kata Kepala BKKBN Provinsi.

Tujuannya agar semua lintas sektor berperan aktif dalam penanganan stunting yang ada di wilayah pedesaan. Sebab ada beberapa faktor yang dapat menunjang penanganan stunting, yakni sanitasi, air bersih, lingkungan rumah yang bersih sehat, vaksin imunisasi, pemberian makanan tambahan dan pemberian vitamin dan tambah darah.

Menurut Ramlan, Kabupaten Tanah Bumbu mencerminkan sangat baik sekali untuk penanganan stunting, terendah di Kalimantan Selatan, yakni di angka 15,1 persen untuk di tahun 2022.

"Saya yakin akan turun menjadi 14 persen pada tahun depan,” katanya.

Sementara itu, Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Ambo, menyambut baik dan sangat mengapresiasi diadakannya Pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) sekaligus launching Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) di tingkat desa/kelurahan.

Karena program ini sangat penting dan strategis sebagai bentuk Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) dengan tujuan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan memberdayakan serta memperkuat institusi keluarga di setiap desa/kelurahan.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa Kampung KB merupakan pendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat. Program-program KB tidak hanya menekan jumlah penduduk, namun juga untuk memudahkan pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan pembangunan wilayah berwawasan kependudukan. Seperti kesehatan, pendidikan dan lingkungan.

“Saya berharap masyarakat dapat lebih mengerti arti keluarga berkualitas, sehingga program program pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat dan menyukseskan warga desa dalam pengentasan stunting dapat berjalan dengan baik,” kata Sekda Tanbu.

Selain itu, pencanangan Kampung KB ini, bisa menjadi pelopor perubahan bagi desa kelurahan lainnya dalam menjalankan program-program pencanangan kampung KB, sebagai upaya mengatasi dan mencegah stunting di Kabupaten Tanah Bumbu.

Di momen ini Pemkab Tanbu menyerahkan 1 unit kendaraan roda 2 untuk operasional petugas penyuluh KB dan 1 kendaraan roda 4 untuk operasional Pemerintah Kecamatan Karang Bintang.[joni]