Dinkes Kapuas Kembali Gelar Pemeriksaan Kesehatan, Deteksi Dini Faktor Penyakit Tidak Menular

GIAT deteksi dini PTM pada salah satu instansi oleh Dinkes Kapuas.| foto : dinkeskps

KUALA KAPUAS - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas kembali melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan, deteksi dini faktor Penyakit Tidak Menular atau PTM. 

Kegiatan kali ini menyasar ASN dan pegawai Badan Kepegawaian dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Kapuas, di salah satu ruangan kantor BPKAD Kuala Kapuas, Kamis (10/11/2022).

Giat yang dilaksanakan Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) dan Seksi Promkes Dinkes Kapuas ini tampak antusias diikuti ASN pegawai BPKAD.

Kepala Bidang P2P Dinkes Kapuas, dr H Ahmad Haspiani disela kegiatan menyampaikan sebagai langkah awal mencegah PTM adalah dengan cek kesehatan secara berkala.

"Dari semua ASN dan pegawai mereka dilakukan pemeriksaan kesehatan," kata dr. Haspiani.

Lanjutnya, pemerikaaan mulai dari cek mata, pemeriksaan berat badan, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan lingkar perut termasuk kolesterol asam urat serta gula darah.

Pemeriksaan kesehatan ini juga untuk menemukan secara awal adanya kemungkinan seseorang terkena PTM atau memiliki faktor risiko.

"Masing-masing mendapatkan hasil maka mereka akan lebih warning dan waspada. 
Salah satu tujuan keberhasilan kegiatan deteksi dini PTM ini bagaimana masing-masing individu mengetahui kondisi dirinya, artinya melakukan pemeriksaan jangan menunggu ketika sakit saja," paparnya.

Dengan diketahuinya faktor risiko PTM secara dini pada seseorang, maka pencegahan dan pengendalian dapat dilakukan sedini mungkin. 

Sementara itu, Gere Pujiawan S.Kep, MM dari Promkes Dinkes Kapuas menambahkan, kegiatan itu juga dalam rangka mengimplementasikan Perbub terkait peran OPD Dinkes Kapuas.

"Diharapkan melalui deteksi dini ini dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman akan pentingnya deteksi dini penyakit tidak menular dan mencegah sebelum terlambat," kata Gere.[aan/adv]