Hore, Insentif Guru di Bumi Sanggam Kembali Naik

ABDUL Hadi saat menyampaikan sambutannya dalam peringatan HGN dan HUT PGRI ke-77.| foto : istimewa

PARINGIN - Peranan tenaga pendidik sangatlah penting dalam menyokong kemajuan bangsa. Oleh sebab itu, para tenaga pendidik perlu diberi apresiasi dan diberi dukungan.

Dalam acara Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) sekaligus perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-77 merupakan momen yang sangat menggembirakan bagi para guru di Kabupaten yang berjuluk Bumi Sanggam.

Pasalnya, Pemkab Balangan akan menaikkan insentif bagi para guru dengan menambahkan anggaran sebesar Rp 5 miliar untuk kesejahteraan Pahlawan Tanpa Tanda Jasa ini.

"250 ribu rupiah untuk Kepala Sekolah, 200 ribu rupiah untuk non-PNS tingkat SD/MI, SMP/MTs dan 100 ribu rupiah untuk PNS dan Insya Allah mudah-mudahan akan dinaikkan lagi di APBD perubahan,” ucap Bupati Balangan saat menjadi Inspektur Upacara pada peringatan HGN dan perayaan HUT PGRI ke-77 di Halaman Kantor Bupati Balangan, Kamis (24/11/2022). 

Abdul Hadi juga menyampaikan kabar gembira kepada sekitar 2.000 orang guru yang hadir pada upacara tersebut, dimana Pemkab Balangan akan memprioritaskan pendidikan untuk lebih dikembangkan dengan melengkapi sarana prasarana dan kesejahteraan guru.

"Insya Allah, Pemerintah Daerah akan memberikan kendaraan dinas untuk Penilik dan Pengawas, rehab 116  sekolah dari APBD, bantuan 4 buah chromebook untuk tiap SD dan SMP serta hibah kepada lembaga masyarakat,” ujarnya.

Di akhir sambutannya, Abdul Hadi menambahkan, untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) para guru di tahun 2023 nanti, Pemkab Balangan telah menyediakan dana sekitar Rp 7,5 miliar yang diberikan dalam bentuk workshop dan memberangkatkan sekitar 24 orang guru untuk belajar ke Amerika Serikat.[martino]