Bawaslu dan Ormas Teken Komitmen Bersama Membangun Pemilu Berintegritas

SOSIALISASI Partisipatif Bawaslu Kapuas.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan beberapa Ormas di Kabupaten Kapuas, melakukan penandatanganan bersama komitmen bersama membangun Pemilu berintegritas, Jumat (25/11/2022), di Auala Kantor Kecamatan Selat, Jalan T. Bungai Kuala Kapuas.

Kegiatan tersebut rangkaian Sosialisasi Partisipatif dan diskusi forum warga yang digelar Bawaslu Kapuas.

Turut membubuhkan tanda tangan pada spanduk komitmen tersebut, Komisioner Bawaslu Kalteng Divisi Pencegahan Parmas dan Humas, Hj Siti Wahidah,  anggota Bawaslu Provinsi lainnya, Winsi Kuwu Divisi SDM Organisasi, Ketua Bawaslu Kapuas Iswahyudi Wibowo dan seluluh komisioner Bawaslu Kapuas serta pengurus dan perwakilan beberapa Ormas di Kapuas, diantaranya dari DPD Fordayak, Gerdayak dan DPD Perpedayak.

Iswahyudi menyebut kegiatan tersebut dilaksanakan guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam persiapan pengawasan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 mendatang.

"Peran serta masyarakat dalam hal partisipasi pengawasan sangat diperlukan baik itu dalam hal pencegahan atau melaporkan adanya pelanggaran pemilu," kata Ketua Bawaslu Kapuas, Iswahyudi Wibowo.

Ia juga menegaskan, para ormas maupun lembaga dan seluruh elemen masyarakat memiliki peran penting dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 mendatang. Salah satunya adalah dalam mencegah terjadinya konflik maupun berbagai pelanggaran Pemilu lainnya.

"Bahwa pelanggaran pemilu dapat kita cegah apabila pengawasan dilakukan maksimal," kata Iswahyudi.

Sementara itu Nara Sumber dari Kesbangpol Kapuas Nanang, menyebutkan sosialisasi bertujuan mengajak masyarakat dan pemilih ikut serta melakukan pengawasan partisipatif pada Pemilu 2024, serta memerangi hoaks, SARA, dan ujaran kebencian dalam pemilu serentak.[zulkifli]