Kurangi Risiko Stunting, DP3AP2KB Tanbu Gelar Diseminasi Audit

BATULICIN - Diseminasi Audit Kasus Stunting digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Tanah Bumbu (Tanbu), 15 November 2022 lalu.

Ini dinilai sebagai upaya mengurangi risiko terjadinya kasus stunting di Bumi Bersujud. 

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang DLR Kantor Bupati ini turut dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Mariani, serta Kepala Dinas P3AP2KB Tanbu, Narni.

Dalam kegiatan itu dibahas contoh kasus bagi kelompok berisiko stunting, seperti calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, dan bayi di bawah usia dua tahun (baduta).

Empat narasumber dari tim pakar, yaitu dr. Anna Ismiana (Spesialis Kandungan), dr. I Dewa Gede Ariputra (Spesialis Anak), Noor Latifah Andina (Psikolog) Nana Daniatina (Ahli Gizi), dihadirkan dalam kegiatan ini.

Juga dibahas rekomendasi dari tim pakar sebagai tindak lanjut intervensi dari pemerintah daerah. Ini dengan harapan pada tahun 2024, angka stunting di Tanbu turun jauh di bawah target nasional pada angka 14%.

Tatap muka dihadiri perwakilan SKPD terkait, serta diikuti secara virtual oleh para pengelola gizi dan bidan koordinator Puskesmas, serta penyuluh KB seantero Tanbu.[joni]