Kaji Pola Kerja Sama Media, Bank Kalsel Kunjungi Dewan Pers

KEPALA Divisi Sekretaris Perusahaan Bank Kalsel, Suriadi (kiri) bersama Plt Ketua Dewan Pers, M. Agung Dharmajaya, di Kantor Dewan Pers di Jakarta.| foto : anshari 

JAKARTA - Didampingi Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kalimantan Selatan, Milhan Rusli, Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Bank Kalsel, Suriadi bersama dua stafnya mengunjungi Kantor Dewan Pers di Jakarta.

Kunjungan pada 17 November 2022 ini dilakukan, tidak lain ingin menggali informasi terkait pola kerja sama dengan media. Tak terkecuali meminta arahan dengan media seperti apa sebaiknya melakukan kerja sama agar tak salah dalam menggunakan anggaran.

Kedatangan manajemen Bank Kalsel bersama pengurus JMSI Kalsel ini disambut hangat Plt Ketua Dewan Pers, M. Agung Dharmajaya bersama dua komisioner dewan pers, yakni Ninik Rahayu (Ketua Divisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi) serta Atmaji Sapto Anggoro (Ketua Komisi Kemitraan dan Infrastruktur Organisasi).

Berbagai persoalan terkait media termasuk verifikasi media serta pola kerja sama yang dipertanyakan duta Bank Kalsel, dijawab Komisioner Dewan Pers secara panjang lebar. 

Menurut M Agung, kerja sama dengan media, tentu tergantung kesanggupan dan kebijakan internal instansi bersangkutan. Sebab instansi tersebut yang lebih tahu akan kebutuhan dan ke mana menggunakan anggaran.

"Tentu tak bisa disamakan juga media yang sudah lama, dengan (media) yang baru saja muncul," terangnya.

Sementara, Atmaji Sapto menyarankan sebaiknya bekerja sama dengan media yang nyata-nyata sudah memiliki legalitas dan sudah terverifikasi di Dewan Pers.

"Bekerjasamalah dengan (media) yang sudah terverifikasi (Dewan Pers)," imbuhnya.

Terkait pertemuan dengan Dewan Pers, Suriadi mengaku lega karena bisa mengetahui langsung tentang kinerja media, termasuk juga pola kerja sama yang sebaiknya dilakukan dengan media mitra.

"Dengan pertemuan ini, kami sudah mendapat informasi terkait pola kerja sama media. Tentunya akan ada pertimbangan-pertimbangan untuk mendasari kerja sama dengan media," jelas Suriadi.

Suriadi mengungkapkan, banyak media, khususnya media siber yang mengajukan penawaran kerja sama dengan Bank Kalsel. Dengan adanya informasi dan masukan yang didapat dari Dewan Pers, tentu ada kriteria media sebagai mitra Bank Kalsel.

Kunjungan manajemen Bank Kalsel ini juga diikuti Sekretaris JMSI Kalsel, S.A Lingga, Bendahara JMSI Kalsel, Hj Sunarti, Ketua Bidang Pendataan dan Verifikasi JMSI Kalsel, Anshari Yannoor dan Sekretaris Bidang Pendataan dan Verifikasi JMSI Kalsel, Arif Rahman.[adv]