Pelayanan tak Maksimal, Dishub Tanbu Ajukan Pengadaan Mobil Crane

BATULICIN - Kerja Dinas Perhubungan (Dishub) Tanah Bumbu (Tanbu) dalam mengatasi masalah Penerangan Jalan Umum (LPJU) masih terkendala ketiadaan mobil crane. Alhasil, pelayanan kepada masyarakat pun dinilai tak maksimal.

Untuk itu, Dishub Tanbu berencana mengajukan pengadaan mobil crane bertangga. SKPD lain, yakni Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Tanbu memang memiliki mobil crane, namun kabarnya sudah sering rusak.

Kepala Dishub Tanbu, Ahmad Marlan melalui Kabid Lalu Lintas, Fitriansyah saat dikonfirmasi tentang lampu PJU depan Puskesmas Karang Bintang, Rabu (30/11/2022) mengaku kesulitan memaksimalkan pelayanan lantaran ketiadaan mobil crane tersebut.

"Dishub sangat kesulitan masalah transportasi, dalam artian terkait tidak adanya mobil crane. Mobil crane ini cuma ada di Dinas Perkimtan, itupun mobilnya sering rusak-rusak," ungkapnya.

Menurut Fitriansyah, pihaknya menggunakan mobil crane tersebut berjadwal, sementara Dinas Perkimtan banyak juga pekerjaannya.

"Misalnya seperti adanya kabel lampu PJU yang putus di Desa Emil. Kami ingin segera melakukan perbaikan, tapi mobil masih kena jadwal Perkimtan," terangnya.

Ia menjelaskan, mobil crane sangat dibutuhkan oleh Dishub Tanbu.

"Ada, waktu kami pembahasan APBD di DPRD Tanbu, kami diminta agar mengusulkan mobil crane ini untuk keperluan Dishub dalam pelayanan kepada masyarakat," bebernya.

Bahkan, lanjutnya, mobil crane ini selain membantu masyarakat terkait masalah PJU di jalan poros, juga bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Misal dengan adanya kontraktor yang ingin memasang lampu penerangan di lokasinya. Terkait lampu PJU di depan Puskemas itu, direncanakan dipasang di tahun 2023 awal dan itu sudah kita survei," pungkasnya.[joni]