Porseni Ramaikan Dua Momen Bersejarah Para Guru di Tanbu

BATULICIN - Momen HUT ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) 2022 di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) dimeriahkan dengan pelaksanaan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni).

Event PGRI tingkat Kabupaten Tanah Bumbu yang dibuka Sekda Tanbu, H Ambo Sakka digelar di Lapangan Mandala Krida, Desa Manunggal, Kecamatan Karang Bintang.

Opening ceremony turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Tanbu, Eka Safruddin plus dua Anggota DPRD Tanbu, H Jumran dan H Hasanuddin. Juga tampak  Kapolsek Karang Bintang, serta Danramil Karang Bintang.

"Pertama-tama atas nama pemerintah daerah, kami mengucapkan selamat HUT PGRI dan Hari Guru Nasional ke-77 Tahun 2022, tak lupa pula kami sampaikan dukungan dan apresiasi pada kegiatan Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) di Kabupaten Tanah Bumbu ini," tutur Ambo menyampaikan sambutan Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar.

Seperti diketahui, lanjut Ambo, Hari Guru Nasional 2022 ini memiliki tema sentral “Serentak Berinovasi Wujudkan Merdeka Belajar”, tema ini selaras dengan tujuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui program Merdeka Belajar, yaitu mewujudkan profil pelajar Pancasila.

"Sebagai bangsa yang berdaulat, di era ini kita tengah dihadapkan pada pentingnya membangun kesadaran karakter kebangsaan sebagai jati diri bangsa, yang menjadi modal merawat dan menjaga kejayaan bangsa di masa yang akan datang," terangnya.

Hal ini dapat diwujudkan dengan menjalankan pendidikan formal di sekolah, dengan adanya contoh teladan dari guru. Untuk itu, dukungan dan prioritas tertuju pada sektor pendidikan, agar para guru dapat fokus dalam tugas mewujudkan generasi penerus yang cerdas dan berakhlak mulia. 

Menurutnya, guru dapat menjadi sumber keteladanan bagi siswa, tentu dengan sikap dan perilaku yang terpuji dan mampu dijadikan panutan, menjadi suri dan tauladan  bagi para peserta didiknya.

Ia menambahkan, Porseni ditujukkan untuk menambah semangat dalam memperingati HUT PGRI dan Hari Guru Nasional di Kabupaten Tanah Bumbu.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat inovatif, serta jiwa-jiwa sportifitas dalam mengemban amanah sebagai guru, kami juga selaku Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, akan terus berkomitmen dan berupaya sekuat tenaga memperjuangkan nasib para guru di daerah ini," paparnya.

Ini tak lain agar para guru di daerah ini dapat bekerja secara maksimal dalam rangka mencetak generasi Tanah Bumbu yang Cerdas dan Berkualitas serta Berakhlakul Karimah, dalam mewujudkan Tanah Bumbu menjadi Serambi Madinah.[joni]