Atasi Rentan Kerawanan Pangan di Balangan, DKP3 Gelar FGD dan FSVA

Atasi Rentan Kerawanan Pangan di Balangan, DKP3 Gelar FGD dan FSVA

PENYAMPAIAN materi oleh narasumber pada FGD.| foto : istimewa

PARINGIN - Ketahanan Pangan merupakan pilar penting dalam suatu negara oleh sebab itu ketersediaan pangan haruslah terus tersedia dan terjaga.

Demi mengatasi rentan kerawanan pangan di Kabupaten Balangan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Balangan bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Balangan menggelar Fokus Group Discussion (FGD) dan Ekspose Hasil Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan (FSVA) Balangan tahun anggaran 2022, Rabu (7/12/2022).

Acara duget di Aula Bappedalitbang dan dihadiri Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Balangan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Balangan beserta jajaran, perwakilan dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan dan tamu undangan lainnya. Acara FGD dibuka langsung oleh Kepala Bappedalitbang.

Ada dua orang narasumber yang memaparkan materi dalam Focus Group Discussion (FGD).

Disampaikan oleh Kepala DKP3 Kabupaten Balangan, Tuhalus dalam arahannya, ada enam indikator yang mempengaruhi rentan kerawanan pangan.

"Ada enam indikator dan salah satunya ada di Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan," jelasnya.

Tuhalus melanjutkan, di Kabupaten Balangan ada delapan desa yang termasuk dalam kategori rentan kerawanan pangan.

"Ada delapan desa yang termasuk di dalam rentan kerawanan pangan di Balangan," jelasnya.

Kemudian Tuhalus berharap agar seluruh instansi terkait bisa terus bersinergi dalam penanganan desa rentan kerawanan pangan di Kabupaten Balangan.

"Kita berharap dukungan dan kerjasama dari instansi terkait dalam penanganan ini agar kita bisa menyelesaikan bersama masalah rentan kerawanan pangan," harapnya.[martino]

Lebih baru Lebih lama